Nyeri Punggung Dapat Menyebabkan Kecacatan?

Rasa nyeri tidak bisa diabaikan begitu saja. Punggung bawah adalah bagian tubuh yang paling sering mengalaminya. Nyeri punggung bawah merupakan nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Ini bukanlah suatu kelainan, melainkan gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita. Nyeri punggung dapat menyebabkan kecacatan jika tidak kunjung diobati.

Adanya jaringan dari tulang belakang yang terkilir atau tegang (strain), merupakan penyebab paling sering dari timbulnya keluhan nyeri punggung. Dalam kasusnya, nyeri seperti ini kerap terjadi ketika seseorang mengangkat benda berat atau berolahraga secara berlebihan.

Nyeri Punggung Dapat Menyebabkan Kecacatan. Ketahui Penyebab Nyeri Punggung

Karena penyebab nyeri punggung sangat beragam, maka diagnosis diperlukan untuk mengetahui penyebabnya. Setelah jenis dan penyebab nyeri punggung diketahui, metode pengobatan efektif yang diperlukan dapat direncanakan dengan baik oleh dokter bersama pasien. Dokter Spesialis Akupunktur Medik Rumah Sakit Awal Bros Batam dr. Mia Sophia Irawadi, SpAK mengatakan, nyeri punggung bawah atau disebut low back pain ini merupakan peringatan yang terjadi dalam tubuh. “Dari rasa nyeri dapat berlanjut ke nyeri kronis dan nyeri punggung dapat menyebabkan kecacatan jika kerap diabaikan,” ujar dokter spesialis Akunpuntur Medik Rumah Sakit Awal Bros tersebut.

Secara umum nyeri punggung bawah memiliki gejala seperti rasa sakit atau kaku di daerah punggung, menjalar hingga ke bokong, belakang paha sampai jari kaki. Hal tersebut bisa timbul setelah duduk atau berdiri lama. “Untuk gejala lebih serius bisa disertai demam, sulit buang air kecil, nyeri dada, terasa kebas di area kelamin, dan pembengkakan pada punggung,” terangnya. Faktor risikonya cenderung datang dari kebiasaan buruk sehari-hari. Dr. Mia menyebutkan kelebihan berat badan (obesitas), jarang olahraga dan mengangkat beban berat terlalu sering, menjadi faktor utamanya.

“Menghindari risiko buruk terjadi, ketika mengalami gejala tersebut harus segera dikonsultasikan ke dokter,” lanjut dokter Mia. Ia menambahkan pemeriksaan penunjangnya terdiri dari pemeriksaan radiologi berupa foto polos, MRI atau CT Scan, maupun pemeriksaan diagnosis. “Dari hasil diagnosis dilanjutkan ke metode pengobatan yang salah satunya adalah akupunktur,” ucap dokter spesialis Akunpuntur Medik Rumah Sakit Awal Bros tersebut.

Pengobatan nyeri punggung dengan akupunktur menurut dokter Rumah Sakit Awal Bros

Dalam dunia medis, ilmu akupunktur berkembang dari akupunktur klasik yang penerapan dan dasar pemikirannya dilakukan secara biomedik meliputi aspek neuroendokrin-imunologi. “Akupunktur medik berperan sebagai additional therapy terhadap pengobatan medis, dimana pengobatan medis telah diberikan maksimal namun belum memberikan efek yang optimal,” jelan dokter spesialis Rumah Sakit Awal Bros tersebut.

Dokter Mia memaparkan, terdapat 361 titik akupunktur tubuh. Terdapat tiga mekanisme kerja akupunktur untuk mengatasi nyeri, yaitu mekanisme kerja local, segmental, dan kerja sentral. “Yang pada fungsinya untuk mengembalikan jalannya aliran darah dan menstimulus saraf otak,” tutur dokter Mia

Modalitas akupunktur pun beragam. Muali dari akupunktur manual, mikro akupunktur, elektroakupunktur, laserpunktur dan ultrasound. Pada intinya mekanisme akupunktur dalam mengatasi nyeri panggung bawah ini berdasarkan penanganan nyeri dan inflamasi.”

Selain itu pengobatan dengan akupunktur medik berdampak pada kualitas hidup yang dapat mengurangi polifarmasi, sehingga mengurangi efek samping penggunaan obat. Akupunktur medik juga dikombinasikan dengan terpai lain berupa fisioterapi, penatalaksanaan ortopedik non operatif, olahraga dan terapi konvensional lainnya.

 

Ilustrasi gambar oleh rawpixel.com

Artikel terkait:

Bagikan ke :