Amankah Terapi Akupunktur Untuk Orang Tua?

Ada yang bertanya apakah terapi akupunktur untuk orang tua aman untuk dilakukan?

Akupunktur merupakan terapi menggunakan jarum pada lokasi titik akupunktur untuk mengatasi berbagai keluhan. Terapi ini sudah dilakukan sejak 5000 tahun silam untuk mengatasi keluhan penyakit. Dulu, terapi akupunktur dilakukan oleh ahli akupunktur (sinshe) yang di pelajari secara turun temurun dan berdasarkan pengalaman. Ilmu akupunktur saat ini di Indonesia telah dimasukkan dalam ilmu kedokteran fisik dan dipelajari secara medis. Dokter yang mempelajarinya di sebut dokter spesialis akupunktur.

Geriatri adalah orang tua yang mengalami kondisi medis, sedangkan lansia adalah orang  yang berusia 60 tahun keatas. Orang tua sering sekali mengalami keluhan disebabkan karena usia tuanya dan kondisi fisik yang mengalami keausan (degeneratif), Kondisi ini tidak mungkin dihilangkan namun bisa dikurangi dengan obat dan terapi. Oleh karena nya kebanyakan orang tua menkonsumsi banyak obat untuk mengatasi keluhannya. Nah disini akupunktur bisa menjadi salah satu pilihan terapi yang dilakukan untuk mengatasi keluhan yang dialami.

Terapi Akupunktur Untuk Orang Tua

Terapi akupunktur untuk orang tua dapat membantu keluhan tidak nafsu makan. Pada banyak orang tua yang memiliki pola makan yang kurang, biasanya disebabkan oleh kecenderungan orang tua yang sangat sensitif. Maka tak jarang mereka mengalami stress dengan lebih mudah. Pada kondisi ini, terapi akupunktur  untuk orang tua dapat membantu menambah nafsu makan. Selain itu, terapi akupunktur untuk orang tua juga dapat menangani keluhan susah tidur yang dialami. Terapi akupunktur dapat menstimulasi hormon endorphin  (morfin endogen) yang menimbulkan rasa mengantuk dan juga meningkatkan kadar serotonin dalam darah yang berperan dalam proses tidur.

Terapi akupunktur untuk orang tua sudah banyak dilakukan pada pasien-pasien dengan usia tua. Sampai saat ini belum ditemukan efek yang buruk dalam terapi ini selama dilakukan dengan baik oleh dokter ahli akupunktur.

 

Narasumber:
dr. Ainil Masthura, Sp.AK
Dokter Spesialis Akupunktur Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara

Ilustrasi gambar oleh jcomp

Artikel terkait:

Bagikan ke :