Mengapa Anak Harus Makan Sayur dan Buah?

Banyak anak yang tidak menyukai untuk memakan buah ataupun sayuran. Padahal buah dan sayur untuk anak adalah bagian penting dari pola makan sehat dan ideal. Kandungan nutrisi didalam buah dan sayur merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh baik pada dewasa maupun anak-anak. Bagi anak-anak nutrisi yang terkandung didalam buah dan sayuran sangat diperlukan bagi tumbuh kembang anak.

Dokter Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (k) – Dokter Spesialis Anak Konsultan Konsultan Gastro-Hepatologi dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta mengatakan bahwa peran buah dan sayur sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak balita usia 3-5 tahun. Selain mendukung sistem pencernaan, buah dan sayur untuk anak juga dapat membantu pertumbuhan, memperkuat daya tahan tubuh serta meningkatkan kemampuan belajar.

Pada usia 3-5 tahun pertumbuhan anak sedang berkembang. Anak sudah bisa menyimak perkataan orang lain dan juga mengungkapkan perasaan senang dan tidak senang. Dengan distimulasi oleh asupan buah dan sayur, maka anak pun akan mendapat rangsangan positif bagi tumbuh kembang mereka. Balita yang terbiasa mengonsumsi buah dan sayur dapat dipastikan perkembangan otaknya akan tumbuh dengan optimal. Jam makan buah dan sayur balita harus diatur dan orangtua harus konsisten dalam memberikan makanan anak dengan jam yang telah ditentukan.

 

Kebutuhan Buah dan Sayur Untuk Anak

Berapa kebutuhan asupan bagi anak-anak? Contoh pemenuhan asupan buah dan sayur untuk anak setiap harinya adalah 50 persen buah dan sayur, 25 persen karbohidrat dan 25 persen protein. Maka dari itu, usia anak balita dan anak sekolah wajib mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan jumlah total 300-400 gram perharinya.

“Perlu diketahui bahwa jumlah sayuran yang dikonsumsi harus lebih banyak ketimbang buah,” ujar Dokter Frieda selaku Dokter Spesialis Anak Konsultan Konsultan Gastro-Hepatologi dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta. Ini merupakan contoh pemenuhannya, yaitu 250 gram sayuran dan 150 gram buah (3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1,5 potong pepaya ukuran sedang). Dari asupan tersebut akan menghasilkan 19 gram serat perhari bagi batita, 25 gram serat perhari bagi anak usia 4-8 tahun, dan 31-38 gram serat perhari bagi remaja.

Tips Agar Anak Gemar Makan Buah

  • Sediakan buah dan sayuran. Khusus untuk buah taruhlah ditempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak.
  • Hidangkan salad buah atau lalapan sayur lebih sering.
  • Cobalah resep vegetarian untuk si kecil.
  • Sertakan sekurangnya satu sayuran berdaun hijau dan kuning setiap harinya.
  • Sertakan sekurangnya 1 buah yang kaya vitamin C setiap harinya.
  • Jadikan dan biasakan buah dan sayur sebagai snack si kecil. Bisa berupa buah atau sayuran yang langsung
  • dimakan atau dibuat cemilan sehat. Misalnya puding buah, bola-bola bayam dsb.
  • Dan tak kalah penting adalah orang tua selalu memberi contoh untuk selalu mengonsumsi buah
    dan sayur setiap harinya.

 

Ilustrasi gambar oleh Ella Olsson

Bagikan ke :