Tips Memilih Dokter Anak yang Tepat

Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Sama halnya ketika harus melakukan konsultasi dokter anak. Pilihan ada banyak, namun mana yang paling baik? Banyak orangtua mencari rekomendasi dokter anak. Apalagi bagi pasangan yang baru dikaruniai anak yang kerap cemas dan khawatir terhadap kondisi kesehatan anak ataupun dalam merawat anaknya.

Rumah Sakit yang memiliki layanan unggulan Ibu dan Anak biasanya dipercaya banyak orang tua karena memiliki kekhususan dalam penanganan kesehatan Ibu dan Anak secara komprehensif. Seperti di Rumah Sakit Awal Bros yang salah satunya memiliki layanan unggulan woman and children center. Para orang tua akan merasa nyaman karena mungkin tidak hanya menjadi tempat kelahiran sang buah hati saja namun kontrol rutin, vaksin, imunisasi, dan segala kondisi kesehatan anak yang wajib diperiksa oleh dokter spesialis anak. Untuk itu orang tua perlu mengetahui cara memilih dokter anak yang tepat.

Rumah Sakit Awal Bros berusaha menyediakan Dokter Spesialis Anak terbaik untuk melayani buah hati Anda. Pusat Layanan Ibu dan Anak adalah salah satu layanan unggulan Rumah Sakit Awal Bros. Rumah Sakit Awal Bros sangat peduli terhadap kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak secara optimal. Lihat jadwal dokter kami untuk melakukan konsultasi dokter anak di sini.

Konsultasi Dokter Anak: Tips Memilih yang Tepat

Seperti apa Dokter Anak yang dibutuhkan? Dokter Anak hendaknya bisa menjadi partner dalam merawat dan membesarkan buah hati. Pendekatan kesehatan dan cara menangani anak ini dianggap bisa memberikan pengaruh penting bagi dokter anak agar dapat memberikan penanganan kesehatan yang tepat pada si kecil. Lalu bagaimana cara memilih konsultasi dokter anak yang tepat? Berikut ini beberapa tips dalam memilih konsultasi dokter anak, yaitu:

  • Referensi
    Para orang tua dapat mencari referensi dalam memilih dokter anak yang tepat yaitu bisa dengan menanyakan rekomendasi dari dokter kandungan saat sang buah hati lahir, sehingga Anda dapat mengetahui apakah ada penanganan khusus yang perlu dilakukan oleh dokter spesialis anak terhadap kondisi buah hatinya tersebut. Anda dapat pula menanyakan kepada kerabat yang memang sudah pernah berkonsultasi dengan dokter anak, namun tetap melihat sisi profesionalisme dokter tersebut bukan hanya berdasarkan ramainya pasien tapi penanganan yang tepat, disiplin menjadi salah satu pilihan orang tua dalam memilih dokter anak.
  • Kenyamanan
    Kenyamanan untuk si kecil perlu dipertimbangkan, ini dapat dilihat dari respon sang anak ketika menemui dokternya. Apakah dokter anak tersebut ramah dan sabar terhadap si kecil sehingga merasa nyaman berada didekat dokter. Anda juga dapat memperhatikan kenyamanan dan keamanan ruang tunggu bagi anak. Suasana ruang praktik dokter spesialis anak harus memancarkan kesan ramah terhadap anak.
  • Komunikasi
    Pilihlah dokter yang dapat berkomunikasi dengan baik seperti bagaimana dokter menangani segala keluhan Anda dan anak. Apakah dokter anak tersebut cukup terbuka, informatif, ramah dan tidak tergesa-gesa sehingga membuat Anda nyaman untuk bertanya dan berdiskusi. Perhatikan pula cara bekomunikasi dokter dengan anak Anda, apakah sang dokter berusaha untuk berkomunikasi dan mengenal sang anak untuk mencairkan suasana agar anak tidak ketakutan dsb. Dokter anak hendaknya mudah untuk dihubungi bila sang anak dalam keadaan gawat diluar jam praktik dan apakah ada dokter pengganti bilamana dokter tersebut berhalangan hadir.

 

Bagikan ke :