Leukemia Menyerang Anak

Bisakah Leukemia Menyerang Anak? Leukemia merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya sel leukosit atau sel darah putih yang berdiferensiasi tidak normal dan menjadi ganas. Sel ini terdapat di dalam sumsum tulang, sel darah merah, sel darah putih dan sel pembekuan darah.

Pada leukemia, sel darah merah tertekan sehingga anak yang mengalaminya akan terlihat pucat, dan biasanya disebut dengan anemia. Begitu pula dengan sel pembekuan darah yang disebut trombosit juga tertekan sehingga dapat terjadi perdarahan spontan, buang air besar berdarah, perdarahan kulit, serta perdarahan di dalam tubuh yang tidak terlihat, seperti perdarahan di dalam otak yang menyebabkan penurunan kesadaran.

Sel leukosit atau sel darah putih yang mengganas ini juga menekan sel darah putih, sehingga sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh tidak dapat mempertahankan imunitas atau kekebalan tubuh sang anak. Anak mudah terkena infeksi yang awalnya hanya batuk sampai sesak nafas dan yang awalnya hanya demam biasa sampai demamnya berat hingga infeksi otak.

Bisakah Leukemia Menyerang Anak? Bisa. Kenali Jenis dan Faktornya

Klasifikasi leukemia berdasarkan akut dan kronis.

  1. Leukemia akut memperingati urutan terbanyak leukemia. Leukemia akut terbagi menjadi dua jenis yaitu :
  • Acute Myeloblastic Leukemia (AML)
  • Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL)
  1. Leukemia kronis yaitu :
  • Chronic Myeloblastic Leukemia (CML)

Beberapa faktor risiko dapat menjadi penyebab leukemia pada anak, yaitu : genetik, radiasi, dan zat kimia.

Sebenarnya untuk melakukan pencegahan apabila disebabkan oleh faktor genetik tidak mungkin dapat dihindari. Namun hal ini dapat kita upayakan dengan mengonsumsi makanan dari bahan alami seperti sayuran, buah-buahan, makanan yang tidak mengandung zat kimia yang memudahkan sel tumor tumbuh, dan sebisa mungkin menghindari paparan radiasi.

Ketahui Leukemia dengan Pemeriksaan Dini

Penyakit leukemia dapat dideteksi sejak dini. Hal ini dapat kita lihat melalui daya tahan tubuh anak yang rendah dan demam yang berulang. Melakukan skrining dengan pemeriksaan darah juga dapat mendeteksi penyakit leukemia yaitu pemeriksaan hemoglobin, leukosit, trombosit kemudian gambaran darah tepi, apabila dari pemeriksaan ini terdeteksi adanya indikasi maka dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Leukemia Menyerang Anak? Apa

Pengobatan Acute Myeloblastic Leukemia (AML) perlu dilakukan cangkok sumsum tulang, di Indonesia pengobatan Acute Myeloblastic Leukemia (AML) belum memuaskan karena belum tersedianya fasilitas cangkok sumsum tulang.

Kemudian untuk pengobatan Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL), bisa dilakukan dengan kemoterapi. Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) memiliki risiko tinggi dan risiko standar. Risiko tinggi artinya Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) berisiko untuk terjadi secara berulang, setelah dikemoterapi, ada kemungkinan sel kanker akan muncul lagi. Namun pada anak, paling banyak terdapat Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) dengan risiko standar. Pada penyakit kanker tidak ada kata sembuh, yang ada adalah remisi. Artinya sel kanker tidak ada lagi didalam tubuh. Inilah yang survival bertahan lebih dari lima tahun.

Untuk orangtua khususnya para ibu yang mengawasi, memonitor pertumbuhan ana. Dihimbau agar memperhatikan anak yang mempunyai faktor risiko keturunan atau warisan apapun kankernya. Tidak hanya leukemia, namun juga kanker lainnya seperti kanker pankreas, kanker hati, yang harus diwaspadai. Apabila anak sering sakit dibandingkan dengan anak yang lainnya, ada pendarahan dan tampak pucat segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli hematologi anak. Dengan mengenali penyakit anak lebih dini, pengobatan akan lebih cepat dilakukan sehingga pemulihan anak akan menjadi lebih baik.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan janin. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak menyediakan imunisasi anak dan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan pendengaran BERA serta OAE dan medical check up dengan dokter spesialis anak. Temukan jadwal dokter anak kami di sini. Simak juga tips untuk menemukan dokter anak yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda di sini untuk melakukan konsultasi dokter anak.

Narasumber :
Dr. Cece Alfalah, SpA (K)
Dokter Spesialis Anak Konsultan Hematologi-Onkologi Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru

Ilustrasi Gambar: Alex Pasarelu

Artikel terkait:

Bagikan ke :