Mengapa Malnutrisi Anak Rentan Terjadi?

Malnutrisi adalah kondisi yang terjadi saat tubuh tidak mendapatkan gizi yang tepat. Hal tersebut dapat menggambarkan status gizi yang bisa jadi kekurangan atau kelebihan. Malnutrisi dapat menyerang seseorang di segala usia. Namun malnutrisi anak rentan terjadi karena bayi dan anak-anak membutuhkan kalori dan zat gizi untuk pertumbuhan serta perkembangannya.

dr. Ria Yoanita, Sp. A selaku Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta mengatakan bahwa sebenarnya masalah gizi pada anak di Indonesia itu masih cukup tinggi. “Masalah gizi terbagi menjadi gizi obesitas (gizi lebih), gizi kurang maupun gizi buruk. Oleh karena itu sebetulnya ibu atau orang tua harus sadar akan status gizi pada anak mereka. Karena itu dibutuhkan pemeriksaan antropometri secara berkala,” ujar Dokter Spesialis Anak tersebut.

Sebenarnya, Apakah Malnutrisi Anak Menurut Dokter Spesialis Anak?

Walaupun bisa ditangani, anak-anak yang memiliki kekurangan gizi akan memiliki efek jangka panjang seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak. Untuk itu makanan yang bergizi seimbang sangat diperlukan oleh tubuh terutama pada fase pertumbuhan anak. Masalah gizi selalu dikaitkan dengan nutrisi. Nutrisi adalah suatu zat atau komposisi makanan yang berguna untuk kesehatan. Nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh individu itu terutama pada anak harus mengandung makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien itu terdiri dari karbohidrat, lemak, maupun protein. Sedangkan mikronutrien itu terdiri dari mineral, buah-buahan dan air.

Sementara untuk malnutrisi sendiri adalah ketidakseimbangan antara komposisi makanan yang masuk kedalam tubuh sehingga akan berdampak terhadap kesehatan kita. Malnutrisi seringkali dikaitkan dengan kekurangan gizi atau bahkan gizi buruk, padahal sebetulnya kelebihan gizi atau biasa disebut gizi lebih (overnutrition) dan kekurangan gizi atau gizi kurang (undernutrition) termasuk malnutrisi anak.

Menurut Dokter Ria di Indonesia saat ini terkenal masalah gizi ganda (double burden malnutrtion) dengan jumlah gizi yang undernutrition telah meningkat sejak lama namun trennya gizi lebih pun (overnutrition) sekarang juga meningkat terjadi. Hal  ini menjadi permasalahan juga terkait pola hidup masyarakat di perkotaan seperti mengosumsi makanan fastfood. “Jadi pola hidup sangat berpengaruh sebagai faktor yang menyebabkan malnutrisi tadi,” tukasnya.

Malnutrisi anak adalah masalah serius karena anak rentan terkena malnutrisi

Malnutrisi itu seringkali dianggap anak-anak yang mengalami gizi buruk? Padahal, semua orang mulai dalam kandungan, bayi, anak dan dewasa pun bisa mengalami malnutrsi kalau pola makannya tidak benar. Intinya adalah ketidakseimbangan asupan makan yang dibutuhkan dan asupannya itu tidak seimbang maka bisa menyebabkan kondisi malnutrisi anak.

Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta, dr. Ria Yoanita, Sp. A menjelaskan bahwa anak itu memang rentan mengalami malnutrisi terutama pada usia 6 bulan karena terjadi masa peralihan makanan dari Air Susu Ibu (ASI) menjadi Makanan Pendamping ASI (MPASI). “Selain itu, faktor lain penyebab malnutrisi adalah ketidakseimbangan komposisi atau nutrisi yang dimasukan kedalam badan, feeding role yang salah dari si ibu atau ada penyakit tertentu pada anak juga mempengaruhi. Jadi selain faktor internal ada juga faktor eksternal seperti lingkungan, infeksi itu juga mempengaruhi,” imbuhnya.

Untuk menentukan status antropometri dan status gizi anak tersebut dapat melakukan pengukuran atas berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan dsb. Pada anak, parameter golden periods atau 1000 hari pertama dimulai dari dalam kandungan hingga usia lahir 2 tahun harus dijaga karena malnutrisi juga dapat terjadi saat bayi di dalam kandungan. “Bayi mendapat suplai nutrisi dari ibunya, apabila ibunya memiliki nutrisi atau kandungan makanannya tidak seimbang maka otomatis bayi bisa mengalami undernutrition dan akan berdampak saat dia lahir dst,” kata Dokter Ria.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan janin. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak menyediakan imunisasi anakdan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan pendengaran BERA serta OAE dan medical check up dengan dokter spesialis anak. Temukan jadwal dokter anak kami di sini. Simak juga tips untuk menemukan dokter anak yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda di sini untuk melakukan konsultasi dokter anak.

Ilustrasi gambar oleh jcomp

Artikel terkait:

Bagikan ke :