Manfaat Laktasi

Manfaat laktasi tidak hanya penting bagi bayi, tetapi juga sang ibu. Tidak ada yang bisa meniru formula Air Susu Ibu (ASI) dengan sempurna. dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A – Dokter Spesialis Anak & Konselor Laktasi Rumah Sakit Awal Bros Bekasi menjelaskan bahwa pemberian ASI merupakan titik penting bagi bayi karena tingkat kematian anak dapat diturunkan dengan memberikan ASI eksklusif.

Laktasi adalah keseluruhan proses menyusui dimulai sejak ASI di produksi sampai dengan bayi menghisap dan menelan ASI. Jadi proses menyusui itu dimulai sejak ibu hamil tidak dimulai saat bayi lahir dan menyusui. Oleh karena itu ibu hamil dan keluarga yang akan mempunyai bayi untuk mencapai keberhasilan menyusui sebaiknya memiliki motivasi dan mencari informasi sejak ibu hamil, karena produksi ASI itu sudah dimulai sejak ibu hamil bukan saat setelah bayi lahir.

WHO (World Health Organization) telah mengeluarkan rekomendasi bagi ibu-ibu untuk menuju keberhasilan menyusui yaitu berupa 7 kontak plus. 7 kontak plus ini sejak ibu hamil, tidak sejak ibu melahirkan. Yaitu:

  1. Saat ibu hamil 28 minggu (kontak pertama).
  2. Saat ibu hamil 36 minggu (kontak kedua). Jadi saat ibu hamil minimal harus 2 kali kontak.
  3. Saat ibu melahirkan (kontak ketiga). Itu pada saat bayi melakukan inisiasi menyusui dini. Jadi sangat penting bagi para ibu untuk memilih fasilitas rumah sakit yang mendukung pemberian ASI eksklusif.
  4. Pada saat ibu masih dirawat di rumah sakit (kontak keempat).
  5. Saat nifas hari ke 7 (kontak kelima).
  6. Saat nifas hari ke 14 (kontak keenam).
  7. Saat nifas hari ke 39 (kontak ketujuh).

Dalam hal ini ibu, suami maupun keluarga memang sebaiknya sudah memiliki motivasi dan mencari informasi sejak hamil, oleh karena itu jika sudah memiliki informasi yang cukup saat bayi lahir ibu dan juga keluarga memiliki angka keberhasilan menyusui yang lebih tinggi.

Menyusui itu penting baik bagi bayi maupun bagi ibu. Manfaat menyusui adalah:

  • ASI adalah makanan terbaik yang dapat diberikan oleh ibu kepada bayinya karena ASI mengandung zat gizi yang sudah lengkap dan diperlukan oleh bayi sesuai dengan fase kehidupannya.
  • ASI dpt menurunkan resiko alergi pada bayi
  • Ibu dan bayi akan memiliki kontak yang erat
Bagikan ke :