Menyusui Sebagai Pondasi Kehidupan

Di era globalisasi ini, masih banyak kaum ibu enggan menyusui bayinya dengan berbagai alasan. Padahal dengan menyusui sang buah hati merupakan cara yang paling efektif untuk menunjang kehidupan anak-anak dalam hari-hari pertama kehidupannya.

ASI mengandung vitamin, protein dan lemak yang baik untuk bayi

ASI mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk bayi. Nutrisi tersebut antara lain vitamin, protein dan lemak. Protein adalah salah satu bagian terpenting yang terkandung di dalam ASI, nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan ASI rendah protein, setidaknya jika dibandingkan dengan susu formula. Anda tidak perlu cemas karena bukan berarti bayi anda kekurangan gizi karena bayi memang dirancang dengan pertumbuhan dan perkembangan yang bertahap. Bahkan anak Anda selain tumbuh secara fisik mengalami perkembangan kecerdasan dan emosi yang tidak kalah penting, bahkan lebih penting adalah perkembangan otak dan pembelajaran keterampilan sosial. Pengalaman yang membentuk otak berasal dari kontak (kedekatan) antara ibu dan bayi saat bayi digendong.

Menyusui bermanfaat untuk memperkuat hubungan ibu dan bayi

Dengan menyusui buah hati, keuntungannya sangat banyak. Dari segi biologis, fisiologis, psikologis dan ekonomi.  ASI makanan alamiah sempurna, komposisi ASI berubah sesuai kebutuhan. ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi. Menyusui buah hati bermanfaat untuk memperkuat hubungan ibu dan bayi. Menyusui secara eksklusif adalah selama 6 bulan pertama. Pada usia 6 bulan pun, bayi sudah diperkenankan mendapat nutrisi lain dari makanan dan minuman pendamping ASI. Memberi ASI berarti memberikan nutrisi terbaik.

Pada usia 0-6 bulan sebaiknya buah hati diberi ASI eksklusif. ASI yang diberikan secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi untuk tumbuh dan berkembang. Tentunya ASI eksklusif ini berbeda dengan susu formula. Beberapa asam amino dan nukleotida yang berperan dalam perkembangan jaringan otak, saraf, kematangan usus, penyerapan besi, dan daya tahan tubuh berada dalam jumlah yang lebih besar dibanding dalam susu formula. Lemak dalam ASI selain jumlahnya lebih besar, profilnya juga berbeda dibanding lemak di dalam susu formula. Lemak ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan saraf dan retina mata. Di samping itu, ASI juga kaya akan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk pembentukan sel dan jaringan. ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu formula.

 

Manfaat ASI bagi ibu dan bayi

Pemberian ASI pada buah hati sangat bermanfaat bagi ibu yakni mencegah perdarahan pasca lahir dan mempercepat involusi uterus, mencegah anemia defisiensi zat besi, mempercepat ibu kembali ke berat badan sebelum hamil, menunda kesuburan, mengurangi kanker payudara dan ovarium.

Sementara itu, untuk bayi manfaatnya tidak kalah besar yakni komposisi sesuai kebutuhan, kalori ASI memenuhi kebutuhan bayi sampai 6 bulan, ASI mengandung zat pelindung, perkembangan psikomotorik lebih cepat, menunjang perkembangan kognitif, menunjang perkembangan penglihatan, dasar perkembangan emosi yang hangat, dasar perkembangan kepribadian yang percaya diri.

Hindari emosi negatif saat menyusui untuk kelancaran ASI

Ibu yang sedang menyusui penting untuk menjaga emosi dan suasana hati. Jika mood buruk, akan berpengaruh pada produksi ASI yang sedikit. Berpikiran selalu positif dan ceria akan memperlancar keluarnya ASI menjadi lebih banyak.

Hormon oksitosin tidak akan bekerja jika sang ibu sedang dalam kondisi stress dan kelelahan. ASI akan tetap tersimpan dalam payudara namun tidak mengalir karena hormon oksitosin yang sedang tersendat. Untuk itu ibu yang menyusui harus dalam keadaan rileks. Menjaga kondisi tubuh tetap fit juga berpengaruh terhadap lancarnya ASI.

Perasaan tenang dapat membuat kinerja oksitosin berjalan dengan baik, perasaan yang tenang dan bebas dari rasa takut, khawatir, marah, kesal, dan sedih akan membuat ibu rileks saat menyusui bayinya. Perasaan yang nyaman ketika menyusui dapat membuat produksi ASI berlimpah.

Menyusui juga bermanfaat bagi aspek ekonomi

Perlu diingat, menyusui bahkan bisa mendukung perekonomian keluarga. Tidak perlu membeli susu formula yang harganya bagi mereka yang kekurangan sangat mahal. Bahkan menyusui merupakan keputusan cerdas yang membantu memastikan ketahanan pangan bahkan di saat-saat krisis. Jika merasa kesulitan menyusui, cobalah berusaha mencari cara, berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter  dan berbagi pengalaman dengan ibu menyusui lainnya.

RS Awal Bros Pekanbaru mendukung penuh ASI Eksklusif

Berbagai program telah di terapkan di RS Awal Bros Pekanbaru seperti IMD (Inisiasi Menyusui Dini), konseling masalah ASI dan menyusui pada ibu setelah melahirkan di ruang rawat inap kebidanan oleh konselor laktasi, meniadakan pemberian susu formula, rawat gabung ibu dan anak serta pembentukan Klinik Laktasi.

Klinik laktas adalah tempat atau lembaga konseling bagi ibu atau calon ibu mengenai masalah menyusui. Di klinik laktasi, bunda akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan mengenai ASI dan menyusui, mulai dari manfaat ASI dan menyusui, cara menyusui yang benar, cara memerah ASI dan sebagainya.

Klinik laktasi siap membantu bunda mencarikan solusi untuk masalah menyusui. Bunda juga bisa sharing pengalaman dengan bunda-bunda yang lain tentang menyusui, yang pasti menambah pengetahuan dalam memberikan ASI bagi si kecil.

Jadwal klinik laktasi RS Awal Bros Pekanbaru, untuk konsultan Laktasi, dr. Dewi Robinar, Sp. A (K), Selasa & Jumat (sesuai perjanjian), konselor Laktasi, dr. Rara Puspita Impelleren, Senin sampai dengan Sabtu setiap pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Informasi dan Pendaftaran :

Customer Care 08117510599

 

Narasumber :

Dr. dr. Dewi  Robinar, SpA(K)

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru (Konselor Laktasi)

Bagikan ke :