Pentingnya Merawat Gigi Anak

Menjaga tumbuh kembang anak sejak dini memang sangat penting agar dikemudian hari kesehatan anak tetap terjaga. Satu diantara bagian yang penting untuk dikawal pertumbuhan nya ialah gigi. Sejatinya, gigi anak akan tumbuh pada usia antara 8 hingga 9 bulan. Akan tetapi, bisa saja lebih cepat sekitar 4 bulan dan juga bisa mengalami keterlambatan hingga 1 tahun.

Percepatan dan perlambatan pertumbuhan gigi yang terjadi merupakan hal yang biasa karena dipengaruhi berbagai faktor yang berasal dari anak itu sendiri. Namun, jika gigi tak kunjung tumbuh hingga 18 bulan, maka orang tua perlu mengkonsultasikan anaknya kepada dokter gigi anak. Pertumbuhan gigi biasanya dimulai dari gigi seri bawah, lanjut gigi seri atas lalu diikuti gigi lainnya dan akan diakhiri pertumbuhan gigi taring atas.

Latihan mengunyah dapat mempercepat pertumbuhan gigi anak

Penting diketahui bahwa ada beberapa cara yang dapat merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat. Seperti latihan mengunyah, yaitu : memberikan mainan yang berbentuk buah-buahan dan berbahan karet atau kenyal kepada bayi. Biasanya saat memasuki usia 6 bulan anak mulai aktif  dan suka menggigit.  Apa saja yang dipegang pasti akan dimasukkan ke mulut. Disamping itu,  saat memasuki usia 6 bulan, mulai lah beri makanan yang agak keras agar dapat merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat lagi. Namun, ada faktor yang dapat menghambat pertumbuhan gigi anak yaitu para orang tua yang tidak memberikan latihan apapun kepada anak.

Pertumbuhan gigi pada anak bisa ditandai dengan demam

Apabila anak mulai demam tanpa disertai batuk atau pilek, maka menandakan gigi anak mulai tumbuh. Dan juga,  proses ini akan membuat anak cenderung gelisah dan menangis. Karena proses tubuh gigi ini ialah robeknya gusi akibat tumbuh nya satu gigi. Kondisi ini tentu membuat tubuh merespon dengan sangat cepat. Kendati demikian,  para orang tua tak perlu cemas karena gejala tersebut merupakan hal yang biasa. Guna mengurangi rasa sakit, orang tua bisa memberikan obat yang dianjurkan oleh dokter gigi anak.

Tips merawat gigi anak

  1. Jaga Kebersihan Gigi Sejak Dini
    Penting menjaga kebersihan gigi sejak dini agar dikemudian hari gigi lebih Sehat. Dianjurkan bagi orang tua agar senantiasa membersihkan gigi anak menggunakan kain kasa hangat setelah bayi menyusui. Hal ini penting dilakukan agar dapat mencegah pertumbuhan jamur dikemudian hari.
  1. Perkenalkan Menjaga Kebersihan Gigi Sejak Dini
    Bagi para orang tua,  ada baiknya menuntut serta mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sehingga dikemudian hari anak bisa menjaga dan merawat giginya secara mandiri.
  1. Konsultasikan Dengan Dokter Gigi
    Saat gigi mulai tumbuh,  disarankan kepada orang tua agar memeriksakan anaknya kepada dokter gigi anak. Cara ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui risiko maupun kondisi gigi anak. Karena, bagaimanapun tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan janin. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak menyediakan imunisasi anak dan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan pendengaran BERA serta OAE dan medical check up dengan dokter spesialis anak. Temukan jadwal dokter anak kami di sini. Simak juga tips untuk menemukan dokter anak yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda di sini untuk melakukan konsultasi dokter anak.

Narasumber:
drg. Agustina V. S. Sitohang, SpKGA
Kedokteran Gigi Anak RS Awal Bros Pekanbaru

Ilustrasi Gambar: Eddie Kopp

Artikel terkait:

Bagikan ke :