Sakit Tipes Berulang Pada Anak?

Gejala tipes yang biasanya dialami anak-anak yaitu sang anak terlihat lesu, letih, rewel dan tidak bersemangat. Kemudian hal ini berlanjut disertai demam yang bisa berlangsung 3 minggu bila tidak diobati. Biasanya demam ini muncul pada malam hari, sedangkan pagi hingga sore panasnya menurun. Dr. Yenny W. Abbas, Sp.A – dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi menjelaskan mengenai penyakit Tipes yang kerap kali berulang pada anak.

Gejala lainnya adalah gangguan saluran pencernaan. “Biasanya ditandai dengan aroma tidak sedap dari mulut, bibir pecah-pecah, panas dalam, lidah berselaput kotor yang ditandai warna putih kekuningan atau berwarna putih, perut terasa kembung dan sebah,” ujar dokter Yenny. Jika kita meraba perut pada anak maka akan terasa nyeri karena ada pembengkakan pada hati atau limpa. Selain itu, selama tubuh anak panas, biasanya sulit BAB dan terkadang mengalami mencret.

Anak-anak yang mengalami tipes bisa mengalami gangguan kesadaran karena toksin yang menyerang otak dan kepala ditandai tidur terus menerus dan tidak ceria. Bahkan ketika anak mengalami demam tinggi dapat mengalami mimisan dan bercak atau titik merah di kulit punggung dan dada. “Untuk tipes yang berulang gejalanya sama namun biasanya lebih ringan, seperti panas tubuh tidak terlalu tinggi (38-38.5 derajat celsius), BAB bisa mengalami mencret atau tidak mencret, terkadang hanya mual saja,”jelas dokter Yenny spesialis anak dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi.

Penyebab Sakit Tipes

Penyebab tipes yang berulang karena adanya kuman tipes pada organ-organ yang tidak bisa dimusnahkan dengan obat tipes yang diberikan. Berdasarkan literatur, bakteri tipes bisa menyebar atau menyelinap dan memecah ke mitokondria hati dan tempat pembuangan. Selain faktor kelelahan, berpergian disertai mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau mengalami kekurangan bisa memperburuk keadaan.

Penyebab lainnya karena mengosumsi obat yang tidak teratur dan adekuat. Misalnya, setelah pulang dari rumah sakit dan tidak di konsumsi lagi. Padahal misalnya obat yang harus diminum selama 7 hari. Untuk itu harus meminum obat secara teratur. Pastikan juga mengonsumsi makanan yang lunak dan diperbolehkan mengosumsi vitamin seperti vitamin B complex.

Jaga Pola Makan

Dalam 2 minggu tipes bisa saja berulang. Jadi harus tetap mengonsumsi makanan bersih dan sehat dan
tidak merangsang infeksi di saluran pencernaan. Sebaiknya pasien yang pernah mengalami tipes harus
menunggu sampai pencernaan membaik dulu selama kurang lebih sekitar 8 minggu. “Jadi jangan
mengosumsi makanan yang pedas, asam, minuman bersoda dan harus beristirahat yang cukup,” ujar
dokter Yenny.

Bagi penderita tipes, meskipun sudah diperbolehkan pulang dari perawatan di Rumah Sakit, sebaiknya
kembali kontrol ke dokter. Mengapa? Supaya bisa dilakukan pemeriksaan kembali, baik fisik maupun
laboratorium, agar bisa dipastikan terjadi tipes berulang atau tidak.

Ilustrasi Gambar: Jelleke Vanooteghem
Untuk jadwal dokter silakan klik disini

Bagikan ke :