Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Di era milenial, banyak anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget. Ibarat dua sisi mata uang, gadget dapat memberi manfaat karena konten edukasi, namun juga bisa berdampak buruk karena banyak konten yang tidak sesuai usia. Pun orangtua sering mengizinkan anak bergadget ria agar anak tidak rewel. Padahal banyak bahaya mengintai dari gadget bila tidak diawasi. Salah satu bahayanya adalah timbul adiksi/kecanduan. Anak kecanduan gadget dapat memicu gangguan emosional. Mencegah anak kecanduan gadget dapat dilakukan sejak dini

Pada tahun 2018, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) menetapkan bahwa kecanduan gadget sudah dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental. Tanda yang dapat dilihat adalah ketidakmampuan anak mengontrol keinginannya untuk bermain gadget sehingga mengganggu pola dan kualitas tidur, mengurangi aktivitas fisik (olahraga), dan menurunkan interaksi sosial dengan lingkungan sekitar.

Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget Menurut Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros

Guna mencegah anak kecanduan gadget, beberapa langkah berikut dapat dilakukan:

  1. Berikan contoh dan kebiasaan berperilaku yang baik pada anak. Orangtua harus menjadi contoh/panutan dengan cara tidak asik bermain gadget saat sedang berkumpul bersama anak.
  2. Bersikap tegas. Berikan batas waktu maksimal anak bermain gadget yaitu 2 jam setiap hari. Semakin lama waktu bermain, semakin besar risiko anak mendapati konten negatif. Hindari memberikan gadget secara penuh kepada anak. Latih anak agar meminta izin dulu dan mengembalikan setelah selesai digunakan.
  3. Awasi akses penggunaan gadget. Saat ini sudah ada piranti lunak untuk menyaring/memblok situs yang mengandung konten yang tidak sesuai dengan anak seperti seksual dan kekerasan. Pantaulah situs yang dikunjungi anak dan aktifkan piranti lunak penyaring tersebut.
  4. Tetapkan Wilayah Bebas Gadget. Tetapkan wilayah bebas gadget di rumah dan berikan pengertian kepada anak dan anggota keluarga yang lain. Buatlah peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat tertentu misalnya di meja makan, mobil, dan kamar tidur.
  5. Ajarkan anak Pentingnya Menahan diri dari bermain gadget. Ajarkan pada anak pentingnya menahan diri dari bermain gadget dan berikan apresiasi dalam bentuk pujian ataupun yang lain jika anak berhasil dalam mengikuti aturan yang diberikan
  6. Ajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Orangtua dapat mencoba mengundang anak-anak di lingkungan sekitar untuk berkunjung ke rumah dan bermain bersama anak; atau sebaliknya mengajak anak berkunjung ke rumah kerabat yang mempunyai anak seusianya. Hal itu membuka peluang akses anak untuk lebih banyak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  7. Berikan Aktivitas yang Menarik. Untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget juga bisa dilakukan dengan memberikan aktivitas yang menarik kepada anak seperti mengikutkan anak les menari, renang, kelas musik ataupun aktivitas menarik lainnya yang sesuai dengan minat dan bakat.

Tips mencegah anak kecanduan gadget telah dilakukan, namun masih gagal. Apa yang harus dilakukan?

Apabila berbagai tips itu telah dilakukan tapi tidak memberikan dampak positif yang maksimal, bisa jadi anak anda akan mengalami cemas dan depresi. Hal tersebut menandakan bahwa anda harus melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan langkah terbaik untuk membantu anda untuk mengatasi kecemasan dan kecanduan yang terjadi akibat gadget.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan janin. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak menyediakan imunisasi anakdan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan pendengaran BERA serta OAE dan medical check up dengan dokter spesialis anak. Temukan jadwal dokter anak kami di sini. Simak juga tips untuk menemukan dokter anak yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda di sini untuk melakukan konsultasi dokter anak.

Narasumber:
dr. Felix, SpA
Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara

Ilustrasi gambar oleh Patricia Prudente

Artikel terkait: 

Bagikan ke :