Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara

Gejala kanker payudara adalah munculnya benjolan atau tumor pada payudara. Secara fisik, benjolan itu muncul di sekitar payudara. Awalnya kecil, makin lama benjolan itu semakin besar. Ia kemudian akan melekat pada kulit dan menimbulkan perubahan pada kulit payudara juga pada putting susu.

Kulit atau puting susu itu akan tertarik ke dalam (retraksi). Hingga kemudian mengkerut dan muncul luka atau borok pada payudara. Borok itu lama-kelamaan akan besar dan dalam. Borok itu dapat menghancurkan seluruh payudara, sering berbau busuk, dan akan mudah berdarah. Tak hanya tekstur kulit yang berubah. Warnanya pun akan ikut berubah. Dari yang awalnya berwarna merah muda atau kecoklatan akan berubah menjadi warna oranye layaknya kulit jeruk.

Dokter spesialis bedah Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Suryatmoko, SpB menyarankan pada pembawa gen risiko kanker payudara untuk cepat melakukan deteksi dini kanker payudara. Ini supaya para pelaku medis cepat melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus kanker ke organ tubuh lainnya. Deteksi dini tumor pada payudara dapat dideteksi melalui pemeriksaan fisik atau pemindaian dengan menggunakan mammografi.

Gejala Kanker Payudara Serta Dampaknya

Rasa sakit atau nyeri baru muncul kalau tumor sudah membesar, borok sudah muncul dan adanya metastase ke tulang-tulang. Selanjutnya akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak. Lengan membengkak dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh. Dokter Suryatmoko mengatakan benjolan yang sudah ada tidak boleh diurut. Karena itu justru akan menyebabkan virus menyebar. Hasil pemeriksaan kaner nantinya akan digunakan utnuk memutuskan penting tidaknya masektomi dilakukan. Sebelum masektomi pasien dapat mencoba melakukan penyinaran atau radiasi dan kemoterapi. Radiasi ini dilakukan hanya di daerah yang terkena kanker. Penyinaran dilakukan dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma. Tujuannya adalah untuk membunuh sel kanker.

Dr. Suryatmoko mengatakan kanker yang sudah lanjut tidak bisa disembuhkan. Masektomi hanya memperlambat proses pertumbuhan. Tapi kalau sejak dini sudah dilakukan, kesembuhan itu pasti ada.

Rumah Sakit Awal Bros difasilitasi dengan pemeriksaan mammografi.  Temukan jadwal dokter bedah kami di sini untuk melakukan konsultasi.

Ilustrasi gambar oleh Freepik

Artikel terkait: 

Bagikan ke :