Mastektomi, Cara Cepat Kurangi Potensi Kanker

Definisi mastektomi adalah sebuah tindakan operasi pengangkatan payudara. Baik itu satu ataupun sepasang payudara. Ada beberapa jenis mastektomi yang bisa dilakukan oleh pasien kanker payudara. Fungsi mastektomi adalah untuk mencegah virus kanker menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Mastektomi dapat dilakukan sebelum kanker payudara membusuk atau bahkan sebelum ditemukannya kanker payudara.

Seperti yang dialami artis Angelina Jolie, ia mengambil keputusan untuk mengangkat kedua payudaranya karena ia mewarisi gen BRCA1 dari ibunya. Gen itu adalah penyebab kanker payudara yang akhirnya merenggut nyawa ibunya di usia 56 tahun. Angelina Jolie tidak ingin ia mengalami hal yang sama seperti ibunya rasakan. Terlebih, dokter telah memperkirakan ia memiliki 87 persen risiko kanker payudara dan 50 persen kanker ovarium.

Di luar negeri tindakan mastektomi banyak dilakukan. Namun di Indonesia tindakan itu sangat jarang dilakukan. “Masyarakat Indonesia jarang ada yang mau ambil risiko dengan melakukan operasi mastektomi,” kata dr. Suryatmoko, SpB, Dokter Spesialis Bedah Rumah Sakit Awal Bros Batam. Ia mengatakan, masyarakat Indonesia lebih memilih melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui perkembangan kanker. Perawatan rutin memang memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker. “Dengan mastektomi belum tentu kanker akan hilang. Risiko kanker itu masih tetap ada,” kata dokter spesialis bedah Rumah Sakit Awal Bros Batam tersebut.

Jenis Mastektomi Menurut RS Awal Bros

Mastektomi memiliki beragam jenis. Jenis mastektomi yang dilakukan akan bergantung pada kasus kanker payudara yang dialami setiap pasien. Selain itu bergantung juga pada ukuran, lokasi, dan perilaku kanker. Tindakan mastektomi rata-rata berdurasi 1.5 hingga 2 jam.

Mastektomi radikal modifikasi. Mastektomi radikal modifikasi adalah mastektomi yang benar-benar menyingkirkan segala hal yang berkaitan dengan payudara. Mulai dari seluruh jaringan payudara, seluruh kelenjar getah bening level I, II dan III yang berada di bawah lengan, samping payudara dan dekat bahu di atas payudara. Tak hanya itu, otot dinding dada di bawah jaringan payudara juga ikut disingkirkan.

Mastektomi total atau sederhana. Mastektomi total adalah jenis mastektomi yang mengangkat seluruh jaringan payudara. Namun, tidak sampai menyingkirkan kelenjar limfa yang berada di ketiak. Otot-otot di bawah payudara pun tidak ikut serta diangkat.

Mastektomi radikal. Pada mastektomi ini, hanya jaringan yang mengandung kanker saja yang diangkat. Mastektomi radikal disebut juga dengan lumpektomi.

Selain tiga jenis mastektomi di atas, masih ada beberapa jenis mastektomi, yakni mastektomi yang menyisakan puting (nipple sparing) dan mastektomi yang menyisakan kulit payudara. Kedua jenis mastektomi tersebut sama-sama mengangkat seluruh jaringan payudara. Hanya saja masih ada bagian payudara yang disisakan. Yaitu bagian puting pada mastektomi nipple-sparing dan bagian kulit pada mastektomi yang menyisakan kulit.

 

 

Artikel terkait:

Bagikan ke :