Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Mammography

Tumor pada payudara umumnya merupakan gejala awal dari kanker payudara. Tumor berupa benjolan kecil. Benjolan tersebut adalah tumor non kanker yang umumnya tidak berbahaya. Benjolan pada payudara terbagi lagi menjadi dua, yaitu tumor jinak yang umumnya ditemukan pada perempuan berusia muda. Umumnya tidak terasa nyeri dan jika diraba terasa bulat, padat, kenyal dan dapat bergeser. Sedangkan tumor ganas kebanyakan menyerang perempuan di usia senja, rata-rata terdeteksi pada usia 50 tahun ke atas. Beberapa faktor risiko terjangkitnya kanker payudara, seperti usia, faktor genetik, kontrasepsi oral, menstruasi dini, riwayat penyakit, kehamilan pertama di usia tua, menopause usia lanjut, pola hidup tidak sehat, tidak menyusui, tidak menikah dan tidak mempunyai anak.

Untuk mendeteksi kesehatan pada payudara, dapat melakukan SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri) dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara. Selain itu dapat juga melakukan pemeriksaan Mammografi di Rumah Sakit.

Pemeriksaan Mammografi untuk Tumor Payudara

Mammografi adalah tes yang dianjurkan dokter apabila didapati adanya kelainan pada payudara. Teknik pemeriksaan ini menggunakan sinar X-ray rendah  dan menghasilkan foto rontgen yang dapat menunjukkan gambar jaringan payudara dengan jelas. Sehingga kelainan pada payudara seperti kanker payudara, tumor, pada jaringan payudara dapat terdeteksi.

Bagi wanita, penting untuk melakukan pemeriksaan mammografi secara berkala. Terutama bagi wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas atau berisiko mengalami kanker payudara secara genetik. Tujuannya, agar kelainan payudara dapat dideteksi sedini mungkin sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.

Pada prosedur pemeriksaan mammografi, payudara pasien akan ditempatkan ke dalam alat Rontgen dengan kompresor yang akan menekan payudara untuk mendatarkan jaringan di dalamnya. Dalam proses ini, dokter akan meminta pasien untuk menahan napas saat payudara ditekan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jelas dan mengurangi tingkat paparan radiasi. Pasien mungkin akan merasa tidak nyaman atau nyeri untuk beberapa saat. Keseluruhan pemeriksaan mammografi memerlukan waktu sekitar 30 menit, kecuali ada prosedur tambahan yang perlu dilakukan.

 

Narasumber :

dr. Hendra, Sp.B

Dokter Spesialis Bedah RS Awal Bros A.Yani

Ilustrasi Gambar: freepik.com

Bagikan ke :