Sebenarnya, Apa Itu Penyakit Sariawan?

Penyakit Sariawan adalah luka kecil dan dangkal yang muncul pada jaringan lunak pada mulut atau pada dasar gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan mempersulit makan dan berbicara. Sariawan tidak menular dan dapat muncul satu atau beberapa. Namun pada beberapa kasus, luka sariawan mulut bisa disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak, seperti pada kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Sebenarnya, Apa Itu Penyakit Sariawan?

Penyakit sariawan kebanyakan dialami oleh remaja usia 10 hingga 19 tahun. Biasanya terjadi akibat kurang menjaga kebersihan mulut atau adanya kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. Gejala sariawan yang muncul biasanya tidak parah dan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu. Lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah.

Sariawan biasanya dikenali karena tampak kelainan pada selaput lendir mulut berbentuk bulat dan berwarna putih atau kuning. Biasanya tampak tepiannya berwarna merah akibat peradangan. Drg. Toni Masruri, SpPM sebagai Dokter Spesialis Penyakit Mulut dari Rumah Sakit Awal Bros Batam mengatakan, sariawan umumnya bukan penyakit menular.

“Untuk kasus yang sederhana, sariawan bisa karena luka tergigit dan defisiensi nutrisi seperti kekurangan vitamin C dan zat besi.” drg. Toni berkata. Namun dalam kajian medis, sariawan bisa disebabkan infeksi (bakteri, virus, jamur), kalainan imun (autoimun, alergi, efisiensi imun), penyakit sistemik (HIV/AIDS) serta akibat stres. Dokter Spesialis Penyakit Mulut tersebut menyebutkan gejala sariawan yang muncul biasanya tidak parah, dan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu 10 -14 hari. “Apabila lebih dari 14 hari dan lokasi sariawan menetap di tempat yang sama, maka diindikasikan adanya kanker rongga mulut,” ucap drg. Toni. Dokter spesialis penyakit mulut tersebut menyarankan jika mengalami sariawan yang tidak kunjung sembuh untuk segera memeriksakan ke dokter.

Tips Mencegah Sariawan

  1. Mencagah kesehatan mulut dengan sikat gigi secara teratur
  2. Mengelola stres
  3. Gaya hidup sehat dengan konsumsi nutrisi bagik bagi tubuh

Narasumber: drg. Toni Masruri, SpPM – RS Awal Bros Batam
Informasi jadwal dokter silakan klik disini
Ilustrasi gambar oleh Paweł Czerwiński

Bagikan ke :