Bahaya Makanan Junk Food

Banyak yang telah mengetahui bahwa junk food ataupun fast food adalah makanan yang kurang nilai gizi atau tidak sehat. Hal ini dikarenakan makanan tersebut tidak memiliki cukup serat, vitamin dan mineral. Bahan makanan yang terkandung dalam junk food atau fast food ini tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi gula sehinga bisa berakibat gangguan kesehatan.

Namun meski bukan healthy food makanan junk food dan fast food ini masih menjadi favorit untuk di konsumsi oleh banyak masyarakat. Kebanyakan alasan mengonsumsi makanan ini adalah rasanya yang cenderung gurih dan terasa serta makanan tersebut mudah didapatkan secara instan.

dr. Brain Gantoro, SpGK selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Awal Bros Batam menjelaskan bahwa dampak dari seringnya mengonsumsi junk food bisa mengakibatkan peningkatan lemak badan tidak seimbang, sehingga bisa terjadi penuaan dini, peningkatan penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung koroner dan kanker. “Junk food ini berbahaya karena zero calories,”ujarnya.

Karena praktis dan murahnya makanan junk food dan fast food maka masyarakat cenderung menyukai makanan ini ditambah rasanya yang menggugah selera. Junk food merupakan makanan yang tinggi lemak, garam, gula kurang serat, vitamin dan mineral. Sedangkan fast food adalah makanan cepat saji, makanan olahan, umumnya digoreng sehingga tinggi lemak.

Tips Mengonsumsi Junk Food dan Fast Food

Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Brain Gantoro, SpGK mengatakan asupan yang terkandung dalam junk food ini melebihi kecukupan dalam sehari. Idealnya asupan garam hanya 5 gram per hari, untuk gula maksimal 50 gram per hari dan penyedap rasa atau MSG maksimal hanya 5 gram per hari.

Oleh karena itu sebaiknya sehabis mengonsumsi junk food atau fast food ada baiknya kita langsung makan buah dan sayur supaya gizi dalam tubuh dapat terpenuhi. Seimbangkan dengan makanan yang kaya nutrisi, vitamin dan mineral,”pungkasnya.

Berikut adalah tips mengonsumsi junk food:

  • Seimbangkan asupan nutrisi setelah makan junk food
  • Segera Konsumsi sayuran atau buah setelah mengonsumsi junk food atau fast food
  • Ganti konsumsi es krim dengan es krim yang terbuat dari sayur atau buah setelah makan junk food atau fast food
  • Biasakan untuk konsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar. Karena setelah diolah akan mengurangi kadar vitamin
  • Konsumsi sayur dan buah lima porsi perhari. Satu porsi sekitar seukuran mangkok kecil atau setara dengan 5 gram.

Selain makan sayur dan buah, bisa dibantu dengan penambahan suplemen vitamin, air putih yang cukup.

Ilustrasi gambar: Eiliv-Sonas Aceron

Bagikan ke :