Penggemar Kopi, Ini Manfaat Mengonsumsi Kopi untuk Anda

Untuk Anda penggemar kopi tentu berbagai macam olahan minuman dengan bahan dasar kopi sudah pasti menjadi pilihan utama Anda ketika sedang berkumpul dengan teman, tak hanya di Indonesia, kopi juga menjadi minuman favorit di banyak kalangan orang di dunia, terlihat makin berjamurnya coffee shop atau kedai kopi di setiap kota di Indonesia. Tak sedikit generasi millennial yang bahkan menjadi coffee addict atau candu kopi. Tiada hari tanpa ngopi, bukan hanya saat pagi hari, tetapi dalam kesehariannya harus minum kopi, agar lebih bersemangat dan memiliki banyak inspirasi dalam bekerja. Berbagai macam persepsi yang menjadikan mereka coffee addict.

Kegemaran meminum kopi berlaku tidak hanya kepada kaum laki – laki, tetapi juga kaum wanita masa kini. Dr. Brain Gantoro, SpGK selaku dokter spesialis gizi klinik di Rumah Sakit Awal Bros Batam mengatakan bahwa kopi itu baik untuk kesehatan liver atau hati. Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme yaitu mengurangi tumpukan cadangan kalori, hingga menurunkan berat badan. Kopi bahkan bisa mengaktifkan kewaspadaan otak.

“Yang kita dapat dari kopi adalah kafein yang bisa meningkatkan metabolisme. Caramel, wangi aroma yang menyenangkan,” ujarnya. Kafein yang ada di dalam kopi seperti sejenis stimulan. Setelah dikonsumsi, kafein bisa langsung menyerap ke darah dalam waktu dua puluh menit. Setelah terserap oleh darah, kafein akan menyebabkan lonjakan tekanan darah dan detak jantung. Jadi tidak heran jika minum kopi akan memberikan efek semangat, menghilangkan kantuk, hingga membuat mood menjadi lebih baik.

“Tetapi tergantung kebiasaan daya tahan atau toleransi individu. Ada yang sanggup minum kopi sampai lima gelas sehari, ada juga yang hanya satu gelas sudah berdebar debar. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Penting juga tidak berlebihan mengkonsumsi kopi,” tuturnya.

Tips sehat untuk para penggemar kopi

1. Secara umum cukup dua cangkir kopi sehari
2. Tidak menggunakan susu creamy, atau gula dalam kopi dengan berlebihan
3. Stop minum kopi jika sering buang air setelah meminumnya
4. Jika merasa mules setelah minum kopi, sebaiknya hindari minum kopi yang terlalu berlebihan

Ilustrasi gambar : Nathan Dumlao

Bagikan ke :