Tips Memilih Dokter Bedah Jantung

Cermati dokter bedah jantung Anda dengan baik. Pasien berhak memilih dokter mana yang diinginkan dan disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien tersebut. Perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum Anda memilih dokter bedah jantung.

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) adalah salah satu masalah kesehatan utama di negara maju dan berkembang. Pada tahun 2012 data World Health Organization (WHO) menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Dan lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang.

Banyak masyarakat yang masih bingung membedakan antara dokter bedah jantung dan dokter jantung. Agar tidak salah memeriksakan kesehatan jantung, hendaknya masyarakat memahami betul prbedaan antara dokter spesialis bedah jantung dan dokter spesialis jantung tersebut. Dokter jantung pada umumnya akan melakukan kateterisasi dan pemasangan alat seperti pemasangan stan ataupun pemasangan ring. Sedangkan dokter bedah jantung melakukan tindakan operasi seperti operasi by pass, penggantian katut (katut mitral dan aorta) sampai melakukan operasi jantung pada anak-anak. Antara dokter jantung dan dokter bedah jantung saling bekerjasama dengan baik demi pemulihan kondisi pasien menjadi lebih baik bilamana bisa melihat dari berbagai sudut pandang.

Tips Memilih Dokter Bedah Jantung

Kesadaran dan wawasan kesehatan masyarakat juga perlu ditingkatkan. Pasien berhak memilih dokter mana yang diinginkan dan disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien tersebut. Rumah sakit yang memiliki pusat layanan jantung yang komprehensif biasanya memiliki dokter spesialis bedah thorax dan kardiovaskular seperti yang terdapat pada Rumah Sakit Awal Bros. Bagaimana sebaiknya kita memilih dokter bedah jantung? Berikut ini tipsnya:

  • Keahlian
    Sebaiknya pasien dapat mencermati kompetensi dan pengalaman yang dimiliki seorang dokter seperti misalnya dokter bedah jantung tersebut harus mengerti dan paham mengenai jantung secara detail dan dapat mengkomunikasikannya dengan baik kepada pasien ataupun keluarga pasien. Keahlian dari ilmu kekhususan yang dimiliki oleh dokter spesialis bedah jantung atau biasa disebut dengan dokter spesialis bedah thorax dan kardiovaskular ini tentu disertai dengan praktek yang membuat kemampuan dokter lebih sempurna sehingga saat menghadapi situasi tertentu atau situasi yang sulit, dokter spesialis bedah jantung tersebut akan tetap tenang dan mampu menghadapinya dengan baik.
  • Profesional
    Seorang dokter bedah jantung diharapkan dapat berlaku secara profesional seperti disiplin dan tepat waktu.
  • Mengayomi Pasien
    Pasien selalu ingin mendapatkan perlakuan yang baik seperti dihargai dan ramah. Berdasarkan penelitian dari Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat pasien yang dioperasi oleh dokter yang tidak ramah dan kasar cenderung mengalami komplikasi. Oleh sebab itu dokter bedah jantung diharapkan dapat mengayomi pasiennya.

Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan jantung untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung atau untuk pengobatan jantung koroner serta terapi stroke. Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros didukung oleh dokter jantung serta dokter bedah jantung handal untuk melakukan operasi jantung, serta angiografi (kateter jantung). Untuk pencegahan, kami memfasilitasi pemeriksaan fisik jantung melalui tes treadmill jantung, EKG (elektrofisiologi)pemeriksaan jantung elektrofisiologi. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis jantung. Temukan jadwal dokter jantung kami di sini.

 

Artikel terkait:

Bagikan ke :