Nyeri Dada: Karena Jantung atau Bukan?

Setiap orang kemungkinan pernah mengalami nyeri dada. Baik nyeri dada yang timbul di picu oleh aktivitas ataupun sedang istirahat santai. Tuan A merasakan nyeri dada ketika sedang bermain tenis, Nyonya B timbul nyeri dada saat sedang batuk, Tuan C merasakan nyeri dada ketika sedang marah-marah, atau nyonya D merasakan nyeri dada ketika nonton tv, dan masih banyak contoh lainnya lagi. Banyak orang yang berasumsi mereka merasakan nyeri dada karena jantung. Benarkah?

Lantas, apakah setiap nyeri dada harus berasal dari jantung?

Untuk menjawab hal ini, kita perlu tahu ada organ apa saja di dalam dada.  Dimulai dari sisi luar sampai sisi dalam dinding dada terdapat kulit, otot, sistem persyarafan, tulang, jantung, paru-paru, pembuluh darah besar aorta, pembuluh darah paru, sampai dengan tulang belakang. Nyeri dada pada umumnya tidak disebabkan oleh jantung. Banyak organ lain yang bisa bermanifestasi menjadi nyeri dada. Untuk itulah kita perlu mengenali nyeri dada khas jantung dan mana yang bukan.

Proses Terjadinya Nyeri Dada Karena Jantung

Nyeri dada karena jantung disebabkan oleh proses atherosclerosis pembuluh darah koroner. Timbulnya penggumpalan lemak di dalam pembuluh darah koroner. Bila pembuluh darah koroner yang terdapat pergumpalan lemak menyempit karena respon aktivitas olahraga atau emosional, timbul nyeri dada karena jantung. Akan mereda nyeri dada bila pembuluh darah koroner terbuka kembali karena respon istirahat ataupun pemberian obat nitrat.

Proses atherosclerosis pembuluh darah koroner tidak terjadi begitu saja dan banyak faktor risiko yang memungkinkan terjadinya proses ini. Faktor risiko ini dapat diubah dan tidak dapat diubah.

Tanda Khusus Nyeri Dada Karena Jantung Menurut Dokter Jantung Rumah Sakit Awal Bros

Nyeri dada karena jantung biasanya bersifat khas namun ada juga yang tidak bersifat khas terutama pada pasien dengan diabetes melitus. Nyeri dada yang terjadi pada pasien diabetes meletus disebabkan oleh terganggunya sistem syaraf di dada/neuropati. Nyeri dada karena jantung memiliki beberapa hal yang khas, misalnya 1) dipicu oleh aktivitas atau respon emosi. 2) Nyeri dada juga bisa mereda atau membaik dengan istirahat atau pemberian obat nitrat, namun nyeri ini tidak akan berkurang dengan dipijat/ dikerok/ minum obat penghilang rasa nyeri. 3) Tanda lainnya adalah bagian yang nyeri terletak di retrostenal atau bukan daerah superfisial (tidak dapat ditunjuk satu jari).

Bila didapatkan ketiga ciri di atas, kemungkinan besar suatu nyeri dada karena jantung dan perlu konsultasi ke dokter Spesialis Jantung dan pembuluh Darah.

Kenali Faktor Risiko Penyebab Nyeri Dada Karena Jantung

Ada dua jenis faktor risiko, yaitu faktor risiko yang dapat diubah dan faktor risiko yang tidak dapat diubah. Faktor risiko yang dapat diubah artinya dapat kita kendalikan sedangkan tidak dapat diubah suatu proses alamiah.

Faktor Risiko yang dapat diubah:

  1. Diabetes Melitus
  2. Hipertensi
  3. Kegemukan
  4. Merokok

Faktor Risiko yang tidak dapat diubah

  1. Usia > 40 tahun
  2. Jenis kelamin ( terutama laki-laki dan wanita yang sudah menopause)
  3. Riwayat keluarga

Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan jantung untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung atau untuk pengobatan jantung koroner serta terapi strokePusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros didukung oleh dokter jantung serta dokter bedah jantung handal untuk melakukan operasi jantung, serta angiografi (kateter jantung). Untuk pencegahan, kami memfasilitasi pemeriksaan fisik jantung melalui tes treadmill jantung, EKG (elektrofisiologi)pemeriksaan jantung elektrofisiologi. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis jantung. Temukan jadwal dokter jantung kami di sini.

Seminar Umum Jantung Memperingati Hari jantung Sedunia

 

artikel nyeri dada, seminar jantung, seminar kesehatan, hari jantung sedunia, rumah sakit awal bros

Seminar Kesehatan: Nyeri Dada, Kapan Harus ke Dokter?

Ayo ikuti Seminar Awam Serentak di 5 Kota Dalam Rangka Memperingati Hari Jantung Sedunia Tahun 2019 dengan tema “Nyeri Dada, Kapan Harus Ke Dokter?”. Seminar akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 pada pukul 09.00-12.00 WIB/WITA. Doorprize 3 Voucher Free Konsultasi Dengan Spesialis Jantung dan EKG. Seminar ini GRATIS. Daftarkan diri Anda karena tempat terbatas

Lokasi (Informasi dan Pendaftaran):

  • RS Awal Bros Bekasi Utara 0853-1130-9393 / 0813-8182-7533 / 0812-8432-8546
  • RS Awal Bros Makassar 0853-4229-6876 / 0812-4198-1376 / 0811-1869-111
  • RS Awal Bros Tangerang 0877-7167-1806
  • RS Awal Bros Palangka Raya 0822-9933-3314
  • RS Awal Bros Evasari Jakarta 0812-1241-1516

 

Narasumber Artikel:
dr Ivan Noersyid, SpJP
Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur

Ilustrasi gambar oleh Freepik

Artikel terkait:

Bagikan ke :