Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner yang Paling Umum

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penyempitan atau sumbatan pada pembuluh koroner di jantung. Dr. Wira Kimahesa Anggoro, SpJP – Dokter Spesialis Jantung dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang menjelaskan mengenai penyakit jantung koroner. “Tanda-tanda penyakit jantung koroner sering berupa nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, leher, atau punggung,” ujar Dokter Wira. Menurut data Riskesdas Kementerian Kesehatan tahun 2013, prevalensi penyakit jantung koroner di Indonesia sebesar 1,5% atau sekitar 2.650.340 penderita. Pada kasus yang akut dan berat, penyakit jantung koroner dapat menyebabkan kematian. Di Indonesia, terdapat sekitar 35 persen kematian yang disebabkan oleh penyakit ini.

Sebagai dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Awal Bros Tangerang, Dokter Wira mengatakan bahwa dalam beberapa dekade terakhir telah ditemukan terapi-terapi yang cukup efektif dalam mengobati penyakit jantung koroner. “Salah satunya yaitu pemasangan stent koroner melalui tindakan invasif minimal, yang disebut dengan intervensi koroner perkutan (IKP). Tindakan ini diindikasikan untuk kasus penyakit jantung koroner yang akut, tetapi sering juga dilakukan pada penyakit jantung koroner stabil dengan nyeri dada yang berkepanjangan,” terangnya.

Kelebihan dari tindakan ini ialah durasi tindakan dan durasi rawat inapnya yang singkat. Pada kasus-kasus dengan penyempitan pembuluh koroner yang kompleks dan sulit untuk dilakukan pemasangan stent, pilihan terapi selanjutnya ialah bedah pintas arteri koroner. Bedah ini bertujuan untuk membuat jalur pintas yang mengalirkan darah ke jantung menggantikan pembuluh koroner yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Pada banyak kasus, segmen pembuluh darah dari kaki (vena saphena) yang diambil dan digunakan sebagai pembuluh pintas (bypass graft). Tindakan bedah ini terbukti efektif dalam mengobati sakit jantung koroner yang berat dan kompleks serta dapat menurunkan angka kematian penderita secara signifikan.

Tanda-tanda Penyakit Jantung Koroner Menurut Dokter Rumah Sakit Awal Bros

Dr. Wira Kimahesa Anggoro, SpJP – Dokter Spesialis Jantung dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang mengimbau untuk masyarakat dapat mengenali tanda tanda-tanda penyakit jantung koroner, di antaranya:

  • Sering merasa capek atau kelelahan tanpa sebab.
  • Gampang merasa goyah atau pusing saat berdiri atau melakukan aktivitas seperti biasa
  • Sesak napas yang terkadang terjadi bersamaan dengan nyeri dada.
  • Nyeri dada (angina). Selain pada dada, rasa nyerinya juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung.
  • Keringat dingin dan mual.

Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan jantung untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung atau untuk pengobatan jantung koroner serta terapi stroke. Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros didukung oleh dokter jantung serta dokter bedah jantung handal untuk melakukan operasi jantung, serta angiografi (kateter jantung). Untuk pencegahan, kami memfasilitasi pemeriksaan fisik jantung melalui tes treadmill jantung, EKG (elektrofisiologi)pemeriksaan jantung elektrofisiologi. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis jantung. Temukan jadwal dokter jantung kami di sini.

Ilustrasi Gambar oleh freepik.com

Artikel terkait:

Bagikan ke :