Catatan Penting Kehamilan

Menurut banyak dokter spesialis kandungan, kondisi tubuh setiap wanita saat hamil memang berbeda-beda. Kerap kali wanita tidak mengetahui dirinya sedang hamil, biasanya mereka menyadarinya ketika usia kandungan memasuki 1 bulan. Padahal, mengetahui kehamilan lebih awal diperlukan untuk bisa segera memenuhi kebutuhan nutrisi, agar perkembangan janin dalam kandungan jadi lebih optimal dan ibu tetap menjaga kesehatannya.

Dr. Ana Maria, Sp.OG selaku dokter spesialis kehamilan dan kandungan (Obstetri dan Ginekologi) dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur menjelaskan tentang bagaimana mengetahui kehamilan seseorang normal atau ada kelainan. “Usia kehamilan awal sampai dengan 10 minggu, sebaiknya harus dipastikan beberapa hal yaitu kehamilan di dalam atau di luar rahim, ada atau tidak ada janin, serta ada atau tidak ada detak jantung,” ujar dokter spesialis kandungan tersebut.

Dokter spesial kandungan Ana Maria menambahkan bahwa bilamana janin tersebut atau detak jantungnya tidak ditemukan pada kehamilan 10 minggu, maka bisa dipastikan memang tidak ada. “Pada usia kehamilan sekitar 12 minggu harus mulai dideteksi kemungkinan adanya kelainan pada janin maupun plasenta dan dipastikan kembali pada usia kehamilan sekitar 16 minggu,” tandasnya.

Pemeriksaan Kehamilan USG Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Awal Bros

Dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, dr. Ana Maria, Sp.OG mengatakan bahwa USG bisa dilakukan untuk memeriksakan kondisi kehamilan yang dapat menggambarkan perkembangan janin serta organ reproduksi ibu hamil.

Masih banyak yang belum mengetahui mengenai alat ultrasonografi (USG) Transvaginal, USG 3D dan USG 4D. Dokter Obgyn Ana Maria menyatakan USG transvaginal ini dilakukan dengan memasukkan probe melalui vagina. Oleh karenanya bisa lebih dekat ke sasaran, yakni kantong kehamilan. Selain itu, transvaginal biasanya memiliki resolusi lebih baik dibanding transabdominal, sehingga lebih bisa mengamati secara detail. Sedangkan USG 3D atau USG 4D memberikan sensasi yang lebih mengesankan karena kehamilan juga tampak 3-dimensi. “Waktu terbaik untuk USG 3D/4D adalah usia kehamilan 6-7 bulan,” terangnya.

Dokter Spesialis Kandungan: Asupan Yang Penting Selama Hamil

Selama hamil, Dokter Obgyn Ana Maria dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur ini menyarankan agar para ibu memerhatikan asupan makanan yang dianjurkan adalah yang mengandung banyak protein (daging, telur dan ikan) serta sayur-sayuran dan buah. Bila menyukai sayur atau buah mentah (karedok, lalapan dll), harus dipastikan dalam keadaan bersih ketika dikonsumsi.

“Pada hakekatnya ibu hamil adalah ibu sehat dan bukan ibu sakit, sehingga tidak diperlukan larangan yang berlebihan, kecuali memang alergi,” ungkap dokter spesialis kandungan, dr. Ana Maria. Ia menambahkan bahwa beberapa makanan yang berbau menyengat dan menyebabkan mencret bila dikonsumsi terlalu banyak sebaiknya dibatasi, misalnya: durian, nangka, nanas, jengkol dan makanan pedas atau sangat pedas. “Selamat menikmati kehamilan, tidak perlu cemas atau ketakutan menghadapi kehamilan. Sampaikan kepada dokter bila ada yang dirasakan kurang nyaman,” tutup dokter spesialis kandungan tersebut.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

Ilustrasi Gambar:Alicia Petresc

Artikel terkait:

Bagikan ke :