Hamil Trimester Awal? Apa Saja Yang Dapat Bunda Lakukan?

Cara termudah, murah dan bisa dilakukan dimanapun untuk pemeriksaan kehamilan saat ini yaitu dengan pemeriksaan air seni atau urine melalui test pack. Hasil positif dari test pack ini ditunjukkan dengan adanya 2 garis pada indikator pemeriksaan. Hal ini untuk beberapa Bunda merasakan senang bagi Bunda yang sudah menunggu-nunggu buah hati, namun ada Bunda yang lain merasa khawatir. Ada kekhawatiran bila kehamilannya nanti diprediksi tidak sehat atau janin mengalami kecacatan. Namun jangan khawatir, Bunda dapat memeriksakan kandungan sejak masa trimester awal kehamilan.

Pertama kali Bunda dinyatakan hamil, Bunda akan mencari klinik atau rumah sakit praktek dokter kandungan untuk memeriksakan kandungannya. Namun beberapa Bunda mungkin enggan langsung melakukan pemeriksaan sebab khawatir USG (ultrasonography)  dapat mengganggu janin. Padahal, Bunda tidak perlu khawatir karena USG berbeda dengan Rontgen (sinar X). Pemeriksaan kehamilan USG menggunakan gelombang suara, sedangkan Sinar X terbukti memang memberikan efek samping terhadap janin.

Bagi ibu hamil di trimester pertama, biasanya USG transvaginal (melalui vagina) lebih efektif dibanding USG transabdomen (lewat dinding perut). USG transabdomen belum bisa mendeteksi adanya janin jika kehamilan belum berusia 6 atau 7 minggu. Pada usia kehamilan yang  baru memasuki minggu ke-4, gambaran janin masih sangat kecil sehingga dibutuhkan penerima gelombang suara melalui USG transvaginal.

Pentingnya USG di Trimester Awal Kehamilan Menurut Dokter Rumah Sakit Awal Bros

  • Banyak wanita yang lupa dengan HPHT alias Hari Pertama Haid Terakhir mereka, sehingga dibutuhkan bantuan USG untuk menghitung usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan secara akurat.
  • Untuk mendeteksi kantong kehamilan dan bentuk rahim.
  • Diperlukan untuk melihat gambaran janin lebih jelas. Apakah janin terletak di dalam atau di luar kandungan, mungkinkah janin lebih dari satu alias kembar, juga mengonfirmasi detak jantung janin.
  • Perkembangan janin seperti ukuran dan organ kelamin dalam.
  • Kelainan-kelainan dan risiko kehamilan seperti keguguran.

Untuk pemeriksaan USG yang lebih akurat bisa dilakukan saat usia kehamilan berada pada minggu 8 sampai 13. Pemeriksaan kehamilanUSG di trimester awal kehamilan sangat penting dan patut Bunda pertimbangkan walaupun hanya memberi gambaran yang sangat kecil. Pemeriksaan USG pada usia tersebut dapat mendeteksi adanya kemungkinan kelainan janin melalui pemeriksaan USG NT (Nuchal Translucency). Prosedur tersebut yaitu USG Nuchal Translucency (NT). Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat tumpukan cairan di belakang leher bayi. Jika jumlah cairannya berlebih, patut dicurigai adanya masalah pada janin.

Masalah yang mungkin timbul di trimester awal kehamilan

Masalah tersebut seperti down syndrome, Trisomi 18 atau kelainan jantung janin. Untuk prosedur USG NT bisa dilakukan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Tapi pastikan alat yang digunakan mendukung. Pemeriksaan juga baru bisa dilakukan ketika usia janin 11 minggu karena sebelum itu ukuran janin masih terlalu kecil. Jika usia janin melewati 14 minggu maka cairan nuchal sudah diserap oleh sistem limfatik bayi. Tingkat keakuratan pemeriksaan USG ini mencapai 77 persen. Untuk mendapat level keakuratan lebih maksimal, biasanya dokter juga akan merekomendasikan pemeriksaan darah.

Pemeriksaan darah yang dimaksud merupakan teknik pemeriksaan yang bisa dibilang terbaru di bidang obstetri terutama bidang fetomaternal. Teknik pemeriksaan ini adalah NIPT ( Non Invasive Prenatal Test). Nah, dengan teknologi yang tinggi, sel ini sudah dapat ditangkap melalui darah ibu dan dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah ada permasalahan genetik pada sel tersebut. Pemeriksaan baru dapat dilakukan di atas 10 minggu menunggu sel tersebut cukup banyak agar dapat ditangkap dengan adekuat oleh alat pemeriksaan canggih.

Apa saja kelainan yang dapat dideteksi?

Kelainan utama yang dapat diperiksa dengan menggunakan teknik ini adalah jumlah kromosom (atau aneuploidi). Kromosom adalah untaian DNA yang berisi pesan-pesan penting untuk pembentukan dan perkembangan manusia. Kromosom berjumlah 23 pasang (46 buah) dengan 1 pasang berupa kromosom sex yang menentukan laki-laki atau perempuan.

Kelainan jumlah kromosom yang mungkin cukup dikenal adalah trisomi 21 (Down syndrome), trisomi 18 (Edward syndrome), trisomi 13 (Patau syndome). Kehebatan teknik pemeriksaan kehamilan ini adalah memiliki kemampuan deteksi yang sangat tinggi, hingga 98 persen, lebih tinggi dari teknik pemeriksaan kelainan kromosom lain yang ada sebelumnya.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

 

Narasumber:
dr. Erik Jaya Triyadi, Sp.OG
Dokter Spesialis Obgyn Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara

Ilustrasi gambar oleh jcomp

 

Artikel terkait:

Bagikan ke :