Berbahayakah Bila Sering Telat Haid?

Sebagai seorang wanita menstruasi atau haid adalah hal yang normal terjadi setiap bulannya. Menstruasi ini adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Namun, banyak wanita yang mengeluhkan menstruasi sering telat. Bilamana haid tersebut terlambat akan menimbulkan kewaspadaan bagi setiap wanita. Dikhawatirkan telatnya haid ini terjadi karena ada ketidakseimbangan hormon.

Penyebab Menstruasi Sering Telat

Dr. Hendry Liem, SpOG selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit Awal Bros Batam menjelaskan bahwa banyak hal yang menjadi penyebab terlambat haid seorang wanita. Ada yang masih dalam kondisi normal bahkan ada yang sudah tidak normal. Terlambat haid dianggap normal biasanya karena pasca melahirkan atau sedang menyusui. Sedangkan terlambat haid dianggap tidak normal kalau terjadi gangguan hormon. “Bila masih telat 1 minggu masih bisa ditolerir sebab kemungkinan karena stres, pola makan yang tidak teratur dan juga kelelahan. Segera periksakan ke dokter apabila keterlambatan lebih dari seminggu,”ujar Dokter Hendry Liem.

Namun sebenarnya keterlambatan haid  bisa juga karena adanya penyakit kista, karena kista tersebut berhubungan dengan ovarium yang berkorelasi dengan hormon wanita. Ini kerap menjadi momok menakutkan bagi wanita. “Memang terdapat obat untuk merangsang haid, tapi sebaiknya secara alami supaya tidak menjadi ketergantungan terhadap obat ini dan bisa menimbulkan keterlambatan haid lagi,”terangnya. Dokter Hendry Liem menyarankan agar setiap wanita mengingat tanggal haid supaya bisa mengetahui normal atau tidak normalnya siklus haid tersebut. Haid menjadi tidak teratur biasanya saat wanita baru mengalami datang haid dan menjelang menopause.

Menstruasi sering telat? Ayo cegah

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit Awal Bros Batam, Dr. Hendry Liem, SpOG mengatakan sebaiknya setiap wanita supaya memiliki haid yang teratur dan lancar hendaknya menjaga pola hidup sehat. Menstruasi sering telat sebenarnya dapat dicegah. Berikut ini adalah cara mencegah siklus haid yang tidak lancar:

  • Hindari stres yang berlebihan
  • Menjaga pola makan yang sehat
  • Tidur yang cukup
  • Rutin periksa ke dokter kandungan

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

Ilustrasi Gambar: Brooke Lark

Artikel terkait:

 

Bagikan ke :