Tips Penting Persiapan Menyusui Saat Hamil

Proses menyusui perlu disiapkan sejak awal kehamilan agar proses menyusui lancar. Mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) adalah hak setiap anak. Agar proses menyusui berjalan dengan baik dan tanpa hambatan, ibu sebaiknya melakukan persiapan baik secara fisik maupun psikologis.

Persiapan menyusui perlu dilakukan, adapun langkah-langkah yang bisa ibu lakukan adalah memperbanyak informasi mengenai laktasi, yaitu mencari informasi dari berbagai pihak seperti ibu menyusui lainnya, buku-buku mengenai laktasi, atau langsung mencari informasi kepada pakarnya yaitu klinik laktasi dan konsultan laktasi.

Selanjutnya persiapan pada payudara, yaitu memperhatikan kebersihan puting susu, pilihlah bra yang mampu menyangga payudara dengan baik, lakukan pijat payudara (usia kehamilan 3-6 bulan), kompres puting payudara, latihan menyangga payudara, memeriksa bentuk puting payudara, bila puting terbenam lakukan konsultasi dengan dokter.

Lalu memperhatikan asupan nutrisi, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, protein, vitamin B kompleks, vitamin c, kalsium dan zat besi, yodium dan seng, serta memperbanyak konsumsi cairan.

Melakukan olahraga. Olahraga sangat penting saat hamil, tujuannya adalah untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI agar lebih baik. Melancarkan aliran darah, dan melakukan teknik relaksasi, umumnya pada masa menyusui ibu harus memiliki ketenangan ekstra untuk menenangkan bayi dan menuntunnya untuk menyusu hingga mencukupi kebutuhannya.

Kemudian membeli perlengkapan menyusui seperti bra khusus menyusui ukuran payudara bisa lebih besar 2 atau 3 kali ukuran saat tidak hamil. Membeli bra harus dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat mendukung payudara dengan baik. Membeli bra yang berbahan lembut dan menyerap keringat. Bantal menyusui.

Terakhir mempersiapkan pasangan untuk mendukung proses menyusui. Ibu menyusui yang mendapat dukungan dari pasangannya mampu untuk menyusui lebih lama. Selain suami, ajak orang disekeliling untuk memberikan support demi sukses menyusui secara ekslusif.

Narasumber :

Dr. Andi Nina Mallarangeng, SpOG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

RS Awal Bros Pekanbaru

Bagikan ke :