Saatnya Anak bebas bermain & beraktivitas di Dunia Nyata

Anak bermain di dalam maupun di luar rumah memiliki segudang manfaat, terutama untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Apa pentingnya mengajak mengajak anak bermain di luar? Dani Tri Astuti, M.Psi, CHt, Psi. – Psikolog Rumah Sakit Awal Bros Tangerang memberikan penjelasan mengenai alasan pentingnya memberi dukungan pada anak untuk bereksplorasi dengan dunia nyata. Berikut ini penjelasannya:

Manfaat Anak Bermain Bagi Kesehatan

Merangsang Panca Indera Anak. Mungkin Orang tua belum menyadari sepenuhnya bahwa bermain di alam bebas akan merangsang seluruh panca indera anak. Mata anak akan lebih sejuk dengan suguhan pemandangan alam yang kehijauan. Serunya lagi, ia mendengarkan suara-suara alam dan makhluk hidup lainnya, seperti suara burung dan air yang mengalir. Bermain di alam bebas juga akan memberikan si Kecil kenangan yang indah. Di sini, Orang tua dapat mengenalkan berbagai hal baru pada anak, misalnya aneka tumbuhan atau hewan yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

 

Manfaat Anak Bermain Lainnya

Mendapatkan Pengalaman Baru. Dengan bermain di luar, anak juga belajar bersosialisasi. Ia akan melihat anak-anak seusianya dan mungkin berinteraksi dengan mereka. Tentunya, inilah kesempatan yang mungkin tidak bisa ia peroleh di dalam rumah. Baiknya lagi, bermain di luar juga berdampak positif bagi pertumbuhan anak. Mereka bisa berlari, mengejar kupu-kupu, menghirup udara segar, dan mendapatkan paparan sinar matahari.

Sederhana Tapi Berkualitas. Terkadang mungkin Orang tua bingung memilih aktivitas di luar ruangan. Padahal, bagian terpenting adalah kualitas dari kegiatan tersebut. Berjalan di taman kota sembari menyaksikan keindahan lingkungan sekitar pun bisa menjadi kegiatan yang seru. Asalkan, Orang tua fokus memberi perhatian pada anak dengan mendengarkan ia berceloteh, atau bercerita. Meskipun sederhana, ia akan mendapatkan kegiatan positif yang menunjang tumbuh kembang anak.

Kesempatan Bereksplorasi Walau Dekat dari Rumah. Banyak area bermain yang bisa dimanfaatkan meski dekat dari rumah lho. Jika di lingkungan tempat tinggal Orang tua tidak ada area besar yang bisa digunakan untuk mengajak anak bermain, manfaatkan taman kota. Taman kecil pun bisa digunakan untuk bereksplorasi. Ajak si kecil berjalan kaki, berlari, melempar bola, atau mengamati berbagai aktivitas ada di sana. Hal ini tentu sangat baik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak.

Mempererat Ikatan anak dengan Orang tua. Kehadiran Orang tua saat mendampingi anak bermain itu penting! Apalagi Orang tua juga harus mengawasinya dari berbagai faktor yang dijumpai di luar rumah, seperti lalu intas, hewan yang dapat menyengat atau menggigit, dan bahkan cuaca. Sebaiknya, pilih taman atau kebun kecil yang agak jauh dari lalu lalang kendaraan. Perhatian yang Anda berikan merupakan sebuah dukungan yang dibutuhkan anak, sehingga ia merasa semakin dekat dengan Orang tua. Kedekatan emosional tercipta dengan aktifitas yang dilakukan bersama.

“Dengan memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi maka anda membantu meningkatkan kepercayaan diri, kecerdasan, imajinasi, kreativitas dan melatih problem solving,” ujar Dani psikolog Rumah Sakit Awal Bros Tangerang yang kerap memberikan konseling pada anak dan keluarga.

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Tangerang di 021 5575 8888. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi gambar oleh Senjuti Kundu

Bagikan ke :