Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela untuk kita dapat melihat banyak hal. Perawatan mata diperlukan untuk yang memiliki permasalahan mata ataupun untuk mata yang sehat. Menjaga kesehatan mata dilakukan agar mata tidak mudah lelah dan bisa menimbulkan sakit mata. Dr. Seivilia Artanti, Sp.M selaku Dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk mata normal, namun apabila sudah mengalami masalah sebaiknya periksa mata minimal 1 tahun sekali. Tapi ada baiknya untuk mata normal tetap periksa kesehatan mata juga minimal 1 tahun sekali.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Menurut Dokter Rumah Sakit Awal Bros

Dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta, Dr. Seivilia Artanti, Sp.M menjelaskan bahwa melakukan perawatan mata secara teratur adalah bagian dari cara menjaga kesehatan mata kita. Seperti misalnya berupaya untuk menghindari terlalu dekat dalam membaca maupun menonton televisi. Jangan terlalu terpaku berlama-lama melihat layar komputer atau gadget serta tidak mengucek mata dengan kasar dan sebagainya.

Menurut Dokter Seivilia Artanti saat ini sedang berupaya untuk mengampanyekan agar masyarakat sadar betul terhadap kesehatan mata dan perawatan mata. Misalnya dengan tidak mengobati mata sendiri tanpa resep dari dokter.  “Sebenarnya obat-obatan yang dijual di apotik itu mungkin hanyalah obat tetes mata untuk penyakit mata yang ringan. Jadi kalau keluhan mata ringan memungkinan seseorang beli obat bebas di apotik. Namun, sebaiknya jangan menggunakan obat tetes mata tanpa resep dokter. Karena obat-obatan tanpa resep dokter apabila digunakan dengan tidak semestinya itu bisa menimbulkan bahaya seperti kebutaan.” jelas dokter spesialis mata tersebut.

Beberapa masyarakat juga masih banyak yang menggunakan obat herbal sebagai alternatif dalam pengobatan mata. Padahal sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan. Misalnya obat herbal dapat menyembuhkan sakit mata dengan menggunakan daun sirih. Dokter Seivila menambahkan bahwa  daun sirih sangat tidak dianjurkan untuk meneteskan mata. Karena biasanya daun sirih sehabis di didihkan pada air panas kemudian dirimbang itu tidak pasti apakah daun tersebut  bersih dan apakah air tersebut juga higenis karena saat kita merimbang mata biasanya airnya sudah dingin. “Mungkin matanya lagi luka infeksi ditambah dengan dirimbang seperti itu memudahkan jamur masuk ke mata,”terangnya.

Penyembuhan Sakit Mata

Dr. Seivilia Artanti, Sp.M selaku Dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta menyatakan bahwa sakit mata itu adalah sakit yang sebenarnya dapat sembuh sendiri. “Memang memungkinkan disaat kita sakit mata dan memakai obat tetes mata dikatakan sembuh, padahal sebenarnya memang sudah akan sembuh dengan sendirinya,” ujar Dokter Seivilia.

Pada pasien katarak, penyembuhan sakit mata juga dapat dilakukan dengan Phacoemulsifikasi yang merupakan salah satu teknologi teknik operasi mata yang tidak membuat luka besar dan penyembuhan cepat. Operasinya pun hanya berlangsung sekitar 20 menit.

Sedangkan penyembuhan penyakit mata pada bayi prematur (Retinopathy of prematurity – ROP)biasanya sedari awal sudah dilakukan screening pada bayi yang lahir prematur. Bayi yang lahir prematur belum matang seluruh anggota tubuhnya termasuk dalam matanya, biasanya saraf matanya belum sempurna. Retinopathy of prematurity juga bisa terjadi akbiat infeksi rubella saat ibu sedang hamil. Pengobatan untuk ROP adalah terapi laser atau krioterapi.

 

Ilustrasi gambar oleh Bacila Vlad

Artikel terkait:

Bagikan ke :