Asma Kambuh? Begini Cara Mencegahnya

Asma kambuh sangat menganggu kegiatan, belum lagi menghawatirkan. Penyakit asma ini bisa dialami oleh siapa aja baik usia muda hingga tua. Menurut dr. Abdul Malik Sp.P, dokter spesialis paru (Pulmonologist) Rumah Sakit Awal Bros Batam, ada sejumlah faktor yang bisa memicu kekambuhan asma. Di antaranya alergi debu, asap rokok, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, dan infeksi virus. Dan beberapa kasus disebabkan oleh faktor keturunan. Asma juga dikatakan sebagai penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan, yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan, sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Dan efek lainnya adalah nyeri dada, batuk, sulit bernapas.

Menghentikan Asma Kambuh

Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan tetapi hanya sebatas mengontrol saja. Dan itu pun juga ada tiga bagian, terkontrol, setengah terkontrol, dan tidak terkontrol. Asma terkontrol adalah penderita tidak mengonsumsi obat lagi ketika asmanya kambuh. Caranya adalah melakukan terapi asma, dan ada obatnya untuk mengontrol asma.

“Ada terapi asma tapi kita klasifikasi dulu golongan asmanya seperti apa, ada golongan asma yang terkontrol, setengah terkontrol, dan tidak terkontrol, dengan begitu kita bisa melihat treatment-treatmenya,” ujar dokter spesialis paru tersebut. Dan yang dimaksud dengan tidak terkontrol yakni penderita setiap hari, baik pagi, siang, maupun malam merasakan sesak napas. Kemudian setengah terkontrol penderita akan merasakan sesak tiba-tiba.

Ia menyampaikan, salah satu terapi utama yang dilakukan untuk penderita pemberian Inhaled glucocorticosteroids (ICS) untuk mengontrol asma dan Long Acting ß2-agonists (LABA). Sedangkan untuk mengontrol asma bagi penderita yang asmanya belum terkontrol bisa memakai Long Acting karena bisa bertahan lebih dari 12 jam. “Asma ini juga menyebabkan kematian jika tidak dilakukan treatment yang baik,” kata dokter Abdul Malik, Sp.P

Tips Menghindari Asma Kambuh

  1. Hindarilah pencetus seperti alergi, seperti makan udang atau makanan yang menyebabkan sesak. Sebaiknya berhenti mengonsumsinya, karena dapat mencegah asma.
  2. Hindari olahraga yang berat
  3. Olahraga yang dianjurkan pada penderita asma seperti berenang, senam asma, bersepeda, jalan kaki.
  4. Hindari merokok.
  5. Hindari terhirup asap obat nyamuk bakar, dan polusi.

 

Ilustrasi oleh SXC

Bagikan ke :