Mengenal Penyebab Kanker Tiroid

Penyebab kanker tiroid yang utama adalah jika orang tersebut pernah mengalami penyakit tiroid jinak. Tiroid adalah kelenjar endokrin yang memproduksi hormon tiroid, yang bertugas meningkatkan metabolisme sel dan sintesis protein. Pertumbuhan sel tidak normal yang terjadi di dalam kelenjar tiroid mampu memicu timbulnya penyakit ini. dr. Rochsismandoko, SpPD, KEMD, FINASIM, FACE – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin-Metabolik-Diabetes dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang menjelaskan agar kita mengenal penyakit kanker tiroid ini.

Tiroid berperan penting dalam produksi dan pengaturan hormon, serta pengaturan fungsi metabolisme. Kelenjar ini mengeluarkan tiga hormon yaitu T3 (triiodothyronine) dan T4 (tiroksin), yang mengendalikan metabolisme, serta kalsitonin yang mengatur kadar kalsium dalam darah. Kanker tiroid biasanya mempengaruhi sel-sel yang membuat dan mengelola hormon tersebut. Termasuk dalam sel ini yaitu sel folikel (untuk T3 dan T4), sel-sel parafolikular (kalsitonin), stroma (jaringan pendukung), dan sel-sel kekebalan.

Terdapat empat jenis kanker tiroid, yaitu:

  1. Karsinoma papiler, merupakan jenis kanker tiroid yang paling sering terjadi. Kanker ini paling sering dialami oleh wanita di bawah usia 40 tahun.
  2. Karsinoma folikuler, satu dari 10 kejadian kanker tiroid merupakan jenis folikuler.
  3. Karsinoma meduler, merupakan jenis kanker tiroid yang jarang terjadi.
  4. Karsionoma anaplastik, jenis kanker ini merupakan kanker tiroid yang paling jarang ditemui, namun jenis yang paling ganas. Umumnya terjadi pada mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Penyebab Kanker Tiroid dan Gejalanya

Rochsismandoko, SpPD, KEMD, FINASIM, FACE – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin-Metabolik-Diabetes dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang mengatakan bahwa penyebab atau faktor resiko seseorang terkena kanker tiroid adalah orang yang pernah mengalami penyakit tiroid jinak, faktor genetika, paparan radiasi, jenis kelamin (kanker tiroid mengenai lebih banyak perempuan daripada laki-laki karena kemungkinan berkaitan dengan hormon yang dimiliki wanita pada saat pelepasan menstruasi ataupun hamil), pola makan (kurangnya yodium atau enzim dalam tubuh yang tidak terpenuhi).

Gejala kanker tiroid yaitu:

  • Benjolan di tenggorokan
  • Perubahan kualitas suara (suara serak)
  • Rasa sakit pada bagian leher
  • Kesulitan dalam menelan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening leher
  • Kesulitan bernapas

Saat ini pengobatan kanker tiroid dapat dilakukan dengan cara melalui tindakan pembedahan (menghilangkan tumor kecil yang belum menyebar ke seluruh kelenjar tiroid [lobektomi], atau yang telah menyebar ke seluruh kelenjar tiroid [tiroidektomi], dan kelenjar getah bening), perawatan iodium radioaktif, terapi pengganti hormon, pasien kanker anaplastik sering di terapi dengan radiasi sinar eksternal (dari luar) dan kemoterapi.

 

Ilustrasi gambar oleh Nhia Moua

Bagikan ke :