Operasi Bedah Jantung

PEMBEDAHAN BY-PASS PEMBULUH DARAH KORONER

Coronary Artery By-pass Graft (CABG)

Pembedahan By-pass Pembuluh Darah Koroner atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG) adalah suatu
operasi jantung untuk membuat “jalan pintas” atau bypass terhadap pembuluh arteri koroner (jantung)
yang tersumbat atau menyempit. Pembedahan membantu orang-orang yang arteri koronernya telah
menyempit atau terhalang oleh bahan berlemak yang disebut plak. Bypass memungkinkan lebih banyak
darah dan oksigen mengalir ke otot jantung.

Mengapa perlu dilakukan CABG?

Operasi  CABG biasanya direkomendasikan untuk orang-orang dengan penyakit jantung koroner yang:

Bagaimana dokter memutuskan Anda memerlukan tindakan CABG?

Untuk memutuskan apakah Anda merupakan calon untuk dilakukan tindakan CABG, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik. Ia akan memeriksa sistem kardiovaskular Anda, dengan fokus pada jantung, paru-paru, dan denyut nadi Anda.

Dokter Anda juga akan bertanya tentang gejala apa saja yang Anda miliki, seperti nyeri dada atau sesak napas. Dia akan ingin tahu seberapa sering dan seberapa lama gejala Anda muncul dan seberapa parah gejala tersebut Anda rasakan.

Beberapa pemeriksaan penunjang lain  dilakukan untuk mengetahui arteri mana yang tersumbat, seberapa banyak mereka tersumbat, dan apakah ada kerusakan jantung.

Apa yang dilakukan saat tindakan CABG?

Operasi itu sendiri biasanya memakan waktu 3 hingga 6 jam. Anda akan mendapatkan anestesi umum, yang berarti Anda tidak akan “bangun” dan merasakan sakit.

Dokter bedah akan membuka rongga dada membuka tulang rusuk Anda. Dia mungkin menghentikan jantung Anda untuk sementara waktu selama prosedur berlangsung. Darah Anda akan terus beredar melalui tubuh Anda dengan bantuan mesin jantung-paru. Kemudian dia akan membuat “jalan pintas-bypass” Anda.

Pertama, dokter bedah akan mengambil arteri yang sehat dari dada atau pergelangan tangan Anda, atau pembuluh darah dari kaki Anda. Ini disebut “graft“. Lalu, dokter akan melampirkan arteri itu di atas dan di bawah salah satu pembuluh darah koroner yang tersumbat.

Ketika operasi Anda selesai, darah akan mengalir kembali ke jantung Anda melalui graft baru Anda. Anda mungkin membutuhkan beberapa graft dalam satu tindakan yang sama.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut meterkait tindakan operasi CABG dan pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter kami.

Anda dapat menghubungi kami melalui :

Customer Care RS Awal Bros Batam

0778-431777 ext 1991/1992

Atau bila Anda merasa keluhan Anda membutuhkan penanganan segera, Anda dapat menghubungi :

UNIT GAWAT DARURAT RS Awal Bros Batam :

0778-431777 ext 777 atau (+62) 085-100-200-777

Available at :
RS Awal Bros Batam