Mengenal Lebih Dekat Penyakit Stroke

Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru telah memiliki layanan Stroke Center yang diharapkan dapat melayani penderita stroke secara cepat, tepat dan komprehensif. Stroke merupakan penyebab kematian nomor 1 di Indonesia, dan penyebab kecacatan utama pada orang dewasa. Stroke adalah gangguan fungsi saraf yang diakibatkan oleh kerusakan pembuluh darah otak. Secara umum stroke dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu stroke iskemik (sumbatan pembuluh darah otak) dan stroke hemoragik (pecah pembuluh darah otak). Stroke iskemik merupakan jenis yang tersering, yaitu 80% dari seluruh kejadian stroke.

Kendala yang dihadapi dalam penanganan serangan stroke adalah waktu. Dimana efektivitas pengobatan stroke bergantung pada seberapa cepat obat dan tindakan medis diberikan. Selain itu, fasilitas kesehatan yang mampu menangani serangan stroke secara efektif juga masih terbatas.

Mengetahui Gejala dan Penanganan Awal Serangan Stroke

Menyadari serangan stroke adalah hal yang sangat penting, karena stroke bisa menyerang dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan menit. Cara tercepat dan termudah saat ini yang bisa lakukan untuk mengetahui gejala stroke dan penanganan awalnya adalah dengan menggunakan metode FAST, Apa itu FAST?

  • Face : Kita bisa mengenali lewat wajah, Jika terindikasi stroke, orang tersebut apabila diminta tersenyum akan miring atau mencong.
  • Arm : Penderita stroke jika diminta mengangkat tangan, maka tidak diangkat dengan sempurna.
  • Speech : Penderita penyakit stroke jika diminta berbicara, maka akan terdengar pelo atau cadel.
  • Time : Jika beberapa gejala stroke sudah tampak pada seseorang, maka sebaiknya jangan membuang waktu. Segera bawa pasien ke rumah sakit.

Terapi Pengobatan yang dilakukan Untuk Pasien Stroke

Ada dua modalitas terapi stroke iskemik yang menjadi rekomendasi internasional, yaitu trombolisis dan trombektomi. Trombolisis adalah tindakan pemberian obat pengencer darah (Alteplase atau r-TPA). Obat ini berbentuk cairan infus yang bekerja dengan cara melarutkan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah otak. Terapi ini efektif untuk stroke yang terjadi kurang dari 4,5 jam.

Sedangkan trombektomi adalah tindakan kateterisasi pembuluh darah (endovascular mechanical thrombectomy). Prosedur trombektomi ini dapat mengeluarkan bekuan darah dari pembuluh darah otak yang tersumbat, sehingga aliran darah menjadi lancar kembali.

Tindakan trombektomi dilakukan di ruang kateterisasi (cath lab), dengan pasien dalam kondisi sadar (cukup dengan bius lokal). Umumnya tindakan ini memakan waktu 60-90 menit. Trombektomi harus dikerjakan secepatnya begitu seseorang terkena gejala stroke. Karena tindakan ini akan kurang efektif ketika serangan stroke sudah lewat dari 8-12 jam.

Trombektomi memiliki banyak kelebihan dibanding pilihan terapi stroke akut lain, misalnya trombolisis (obat infus pengencer darah). Karena selain lebih efektif, tindakan trombektomi juga tidak memerlukan obat pengencer darah dosis tinggi, sehingga lebih aman dari risiko perdarahan.

Trombolisis dan Trombektomi adalah modalitas terapi terkini untuk mengatasi serangan stroke iskemik. Namun keduanya hanya tersedia di rumah sakit yang memiliki fasilitas stroke center. Dan pengobatan ini hanya dapat dilakukan pada beberapa jam pertama ketika seseorang terkena serangan stroke.

Fasilitas Layanan Stroke Center RS Awal Bros Pekanbaru

Saat ini, Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru telah memiliki layanan Stroke Center yang diharapkan dapat melayani penderita stroke secara cepat, tepat dan komprehensif. Dengan layanan yang lebih cepat dan terpadu, maka potensi pasien mengalami kecacatan bisa diminimalisir. RS Awal Bros Pekanbaru memiliki tenaga dokter spesialis, perawat dan terapis yang handal dan didukung oleh Fasilitas Stroke Center yang memadai.

Fasilitas nya terdiri dari fasilitas diagnosis, antara lain : CT Scan, MRI, DSA.

Fasilitas Pilihan Terapi : Trombolitik r-tpa, Trombektomi, Embolisasi dan Operasi Bedah Otak. Fasilitas ruang perawatan intensif dan ruang perawatan khusus untuk pasien stroke pada fase akut (stroke unit), layanan terapi kognitif pasca stroke di rawat inap dan rawat jalan  (Klinik Memori) serta unit rehabilitasi medik yang memiliki modalitas terapi rehabilitasi pasca stroke yang lengkap seperti terapi menelan, terapi wicara, fisioterapi dan lain-lain.

Selain itu kami juga memiliki layanan katering khusus untuk pasien pasca stroke di Healthy Cafe RS Awal Bros Pekanbaru. Serta untuk meningkatkan semangat pulih pada pada pasien stroke kami memiliki Komunitas pasien pasca stroke.

Apabila Anda atau keluarga mengalami FAST maka langsung bawa ke UGD RS Awal Bros Pekanbaru kurang dari 2 jam, di rumah sakit pasien akan segera mendapatkan terapi stroke. Jangan mengulur waktu, Semakin cepat mendapatkan pengobatan, penderita stroke dapat tertolong dan mengurangi risiko kematian atau kecacatan permanen.

Segera hubungi Emergency Call Stroke Center RS Awal Bros Pekanbaru 0822 4884 6600.

Narasumber :
Trunojoyo Soeranggayoedha, SpS
Dokter Spesialis Saraf RS Awal Bros Pekanbaru (Kepala Unit Stroke Center RS Awal Bros Pekanbaru)

Editor:
Dr. Ryan  Mutiara
Kepala Bagian Pelayanan Medis

Ilustrasi Gambar: Joice Lumertz

Bagikan ke :