Terapi Trombolitik (rTPA) Cegah Cacat dan Kematian Akibat Stroke

Terapi trombolitik (rTPA) dapat mencegah kecacatan dan kematian yang disebabkan oleh stroke. Menurut American Heart Association dalam World Stroke Organization (2017) satu orang menderita stroke setiap 2 detik di seluruh dunia, 1 dari 6 orang (16%) populasi dunia mengalami stroke dalam hidupnya, dan satu orang meninggal setiap empat detik karena stroke. Padahal 90% kasus stroke dapat diatasi dan 80% stroke ulangan dapat dicegah dengan tatalaksana faktor risiko yang baik. Menurut WHO (2015) penyakit stroke menduduki peringkat ke-2 setelah penyakit jantung iskemik sebagai penyebab kematian di dunia. Data Kemenkes RI (2014) stroke menjadi penyebab tertinggi kematian dan kecacatan secara nasional. Disusul penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus dan komplikasinya, tuberkulosis, hipertensi dan komplikasinya. Dari total penduduk Indonesia sebanyak 254 juta orang, 12 dari 1.000 orang menderita stroke. Prevalensi tertinggi di Sulawesi Selatan, sedang Kepulauan Riau sendiri menduduki peringkat ke-28.

Stroke atau Brain Attack adalah suatu keadaan terputusnya aliran darah vital dan oksigen ke otak akibat tersumbat (88%) atau pecahnya pembuluh darah (12%). Dua juta sel otak mati setiap menit selama stroke. Hal ini berisiko menyebabkan kerusakan otak permanen, kecacatan, atau kematian meningkat. Komplikasi bergantung dari lokasi pembuluh darah dan fungsi otak yang terhambat disuplai.

Untuk menyelamatkan hidup kita dan orang yang kita sayangi, sangat penting diketahui tanda dan gejala stroke yang timbul secara mendadak. Secara umum berupa:

B

Balance Apakah terdapat masalah saat berjalan, dizziness (oyong), kehilangan keseimbangan atau koordinasi?
E Eyes Apakah terdapat kehilangan penglihatan pada satu atau kedua mata?
F Face Minta orang tersebut tersenyum. Apakah wajahnya miring di satu sisi?
A Arms Minta orang tersebut mengangkat kedua lengan. Apakah salah satu lengan terjatuh?
S Speech Minta orang tersebut mengulang kalimat sederhana. Apakah suaranya tidak jelas atau aneh?
T Time Bila kita melihat salah satu dari tanda-tanda tadi, segera hubungi Rumah Sakit terdekat atau UGD RS Awal Bros Batam di 085 100 200 777 atau 0778-431777 Ext 777

 

Waktu adalah Otak!  Pada saat terjadi sumbatan pembuluh darah otak secara mendadak, lokasi yang tidak mendapat suplai akan mengalami iskemik (kekurangan oksigen dan nutrisi) dalam 5 menit pertama yang kemudian berlanjut menjadi infark (sel-selnya mati).

 

Apa Itu Terapi Trombolitik?

Harris Christian, SpS – Dokter Spesialis Saraf RS Awal Bros Batam menjelaskan, “Terapi Trombolitik atau recombinant Tissue Plasminogen Activator (rTPA) saat ini masih menjadi dasar terapi berbasis bukti untuk stroke iskemik (Kelas I; tingkat A).” Terapi ini merupakan suatu tindakan pemberian trombolitik intravena pada pasien stroke iskemik akut dengan indikasi pemberian dalam 3 jam pertama sejak timbul gejala jika tidak ada perdarahan otak dan kontraindikasi lainnya. Tujuan untuk mengembalikan darah otak yang tersumbat dengan cepat dan mengurangi kecacatan. Risiko tindakan tersebut 6,6% dapat terjadi pendarahan otak. Namun dari berbagai penelitian didapat perbaikan signifikan gejala neurologis dalam 24 jam. Selain itu didapati perbaikan status fungsional pasien dalam 3 bulan dengan minimal bahkan tanpa kecacatan.

Pasien dan keluarga tidak perlu terlalu khawatir, karena dengan persiapan matang dari tim medis kompeten kami. Mulai dari skrining yang teliti untuk menyingkirkan kontra indikasi absolut dan persiapan yang matang untuk mengurangi risiko pasien dengan kontra indikasi relatif. Tim medis kami juga didukung fasilitas lengkap (seperti CT Scan dan atau MRI yang saat ini untuk wilayah Kepulauan Riau baru ada di Rumah Sakit kami). Selain itu prosedur Code Stroke dan tindakan yang sudah dipersiapkan dengan baik, sehingga risiko tersebut tentu dapat diminimalisir.

RS Awal Bros Batam ingin membantu penderita stroke di Batam dan sekitarnya tetap dapat memiliki kualitas hidup yang baik pasca serangan, mencegah serangan berulang yang dapat berakibat fatal, dan tidak perlu dirujuk ke luar Batam. Bila Anda membutuhkan konsultasi mengenai Stroke dan tindakan rTPA, silahkan melakukan appointment dengan Dokter Spesialis Saraf kami dengan menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di 0778-431777 ext 1991/1992 atau +62 81364317777.

 

Ditulis oleh dr. Imelda Wijaya, MARS, 2018

Bagikan ke :