Pemeriksaan USG 3D

pemeriksaan usg 3d, rumah sakit awal bros, rs awal bros

Pemeriksaan USG 3D membuat calon ibu bisa melihat janinnya dalam gambar 3 dimensi. Dengan USG 3 Dimensi, dokter operator bisa melihat bayi lebih detil seperti untuk mencari tahu apakah bayi mengalami bibir sumbing, bagian-bagian jantung dan organ dalam lainnya. Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG 3 dimensi adalah pada usia kehamilan ke-26 hingga ke-30. Mengenai keamanan pemeriksaan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa USG berbahaya bagi janin yang sedang berkembang. Namun begitu, pemeriksaan USG selayaknya menurut saran dokter/ada alasan medis.

Tidak seperti pemeriksaan USG 2D, USG 3D akan memberikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk melihat lebar, tinggi, serta kedalaman dari janin. Pemeriksaan ultrasound ini akan sangat bermanfaat untuk menegakkan diagnosis masalah kesehatan janin pada saat kehamilan.

Pada saat pemeriksaan USG 3D, ibu akan berbaring di tempat tidur pemeriksaan. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan akan mengoleskan gel ke perut dan panggul ibu. Gel ini berbasiskan air, maka tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian ataupun kulit dari ibu. Gel ini akan membantu gelombang suara berjalan dengan baik sehingga memperlancar pemeriksaan USG 3D yang dilakukan. Selanjutnya pemeriksa akan menggunakan gagang periksa USG (transducer) pada perut. Gagang ini akan digerakkan di atas permukaan kulit perut ibu. Pemeriksa mungkin akan meminta ibu untuk menahan napas atau bergeser pada saat menggunakan transducer. Hal ini dilakukan untuk mengambil gambar dalam perut agar muncul pada monitor.

Manfaat Pemeriksaan USG 3D

Penggunaan USG 3D pada ibu hamil dapat bermanfaat untuk:

 

Pemeriksaan USG 3D aman untuk dilakukan untuk ibu hamil dan calon bayi. Pemeriksaan ini berfungsi juga untuk membantu dokter obgyn melihat masalah yang ada pada kehamilan, sehingga masalah dapat ditangani dengan cepat. Meskipun begitu, tidak dianjurkan untuk melakukan USG 3D terlalu sering karena dapat membuat janin terkena terlalu banyak gelombang ultrasonik. Pemeriksaan ini tersedia di Pusat Layanan Ibu dan Anak Rumah Sakit Awal Bros.

 

 

Tersedia di :
RS Awal Bros A Yani RS Awal Bros Batam RS Awal Bros Bekasi Barat RS Awal Bros Bekasi Timur RS Awal Bros Evasari RS Awal Bros Makassar RS Awal Bros Panam RS Awal Bros Pekanbaru RS Awal Bros Tangerang RS Awal Bros Ujung Batu