Cara Menanggulangi Penyakit Influenza

Pilek dan flu (penyakit influenza) merupakan gangguan kesehatan yang membuat tubuh tidak merasa nyaman. Selain mengakibatkan bersin–bersin, kepala pusing, demam, meriang, hidung seperti tersumbat dan yang paling mengganggu adalah cairan lendir yang keluar dari dalam hidung membuat kita susah bernafas. Serangan pilek dan flu ini biasanya datang pada saat pergantian musim atau cuaca. Pilek adalah gejala yang timbul karena influenza atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Flu dan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari family orthomyxoviridae. Pilek bukan hanya menyerang manusia tapi juga binatang.

Menurut dr. Aditya Wicaksono, SpTHT-KL dokter spesialis THT Rumah Sakit Awal Bros Batam menjelaskan, hidup sehat pada dasarnya adalah cara yang tepat untuk menghindari sakit. Penyakit influenza bisa dialami siapa saja, virus ini bisa saja menyerang seseorang yang tadinya dalam kondisi sehat. Namun karena daya tahan tubuhnya dalam kondisi yang tidak baik, inilah yang menyebabkan seseorang bisa saja terserang flu.

Penyebab Penyakit Influenza

Dokter spesialis THT ini menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit influenza ini. Pertama adalah dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar. Banyak orang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Cuci tangan sebanyaknya sepuluh kali sehari adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah datangnya virus penyebab flu. Namun masih banyak orang yang tidak segera mencuci tangannya kurang dari 15 detik, padahal para ahli menganjurkan untuk mencuci tangan setidaknya 20 detik atau lebih. “Yang benar adalah dengan menggosok seluruh permukaan tangan antara jari dan pastikan tangan benar benar kering setelahnya.

Matikan keran dan lampu kamar mandi serta membuka pintu dengan tisu untuk menjaga tangan tetap bersih. Trik ini perlu dipraktekkan,” jelas dokter Aditya. Penyebab kedua yang mungkin bisa terjadi adalah olahraga yang terlalu sering. Kebiasaan berolahraga
dalam jumlah yang berlebihan justru akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Pusat latihan kebugaran merupakan tempat yang banyak mengandung kuman mulai dari treadmill dan alat–alat fitness yang penuh keringat, bangku, ruang ganti dan mungkin saja di tas yang anda bawa pulang sudah ada kuman yang menempel.

Namun ini tidak berari harus berhenti berolahraga. Untuk menjaga diri dari serangan virus, lap terlebih dahulu mesin dan alat–alat fitness yang ingin anda gunakan, jangan lupa untuk cuci tangan,” jelasnya lagi.  Hal selanjutnya yang perlu dihindari adalah merokok. Merokok dapat melemahkan fungsi bulu–bulu halus dalam hidung untuk menyaring udara ke paru–paru sehingga kuman akan terperangkap dan masuk ke paru–paru. “Perokok kronis selalu jauh lebih rentan terhadap infeksi pernafasan. Mereka telah merusak paru–paru, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit,” kata dokter spesialis THT tersebut.

Cegah Penyakit Influenza

Penggunaan masker wajah yang salah adalah pemicu terserangnya virus Influenza. Sejak September 2012 lalu masker wajah tidak dianjurkan lagi untuk digunakan di dalam rumah dan lingkungan pekerjaan. Namun masih banyak yang menggunakannya terutama jika mereka berada dalam kondisi flu berat atau karena sehari hari berhadapan dengan orang sakit. Masker adalah sarang virus. Pastikan memakai dan membuangnya dengan benar. Jangan sampai menyentuh bagian depan yang paling mungkin terkontaminasi virus. Setelah itu, pastikan anda selalu cuci tangan dengan benar hingga bersih.

 

Ilustrasi oleh Evening Tao

Bagikan ke :