Earphone Sebabkan Tuli?

Penggunaan alat pendengar seperti earphone, headphone atau headset  begitu akrab di telinga kebanyakan orang, karena sering dipakai untuk mendengarkan lagu atau suara lawan bicara dengan suara lebih jelas tanpa mengganggu orang lain. Namun tahukah Anda, bahwa penggunaan alat pendengar yang terlalu lama dan sering dapat mengganggu pendengaran bahkan tuli.

Dr. Vika Aryan Sari, Sp.THT – Dokter Spesialis Telinga, Hidung & Tenggorokan dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi menerangkan bahwa menggunakan headphone pada volume tinggi atau memakainya dalam jangka waktu yang panjang ternyata memiliki efek buruk pada kesehatan.

Penggunaan earphone membuat sumber bunyi terlalu dekat dengan gendang telinga, sehingga suara yang masuk ke telinga terlalu keras dan mengganggu struktur rumah siput di telinga dalam.

Rumah siput ini terdiri dari sel-sel rambut yang sangat halus, yang apabila diberikan suara terus-menerus dan keras maka dapat rusak. Kerusakan pada rumah siput berisfat permanen. Sehingga akan menyebabkan tuli yang permanen juga.

Karena itu batasi penggunaan earphone dengan rumus 60 per 60. Artinya selama 60 menit perhari dengan volume maksimal 60%. Untuk menjaga kesehatan telinga Anda sebaiknya rutin kontrol setiap 6 bulan sekali ke dokter spesialis THT.

Bagikan ke :