Ciri-ciri Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi dan struktur jantung dan pembuluh darah. Ada banyak tipe penyakit jantung dengan dasar gangguan yang berbeda-beda. Secara umum dapat dibedakan menjadi gangguan peredaran darah, gangguan struktur jantung, dan gangguan irama jantung. Ciri-ciri penyakit jantung berbeda pada setiap kelainan dan bisa saja tidak menimbulkan keluhan sama sekali. Karena itulah diperlukan pemeriksaan penunjang/lanjutan. Ciri-ciri penyakit jantung tertentu seperti nyeri dada, sesak nafas, serta bengkak pada kaki mungkin merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah. Sehingga mengetahui dan memahami gejala dan tanda penyakit jantung dapat membantu agar lebih waspada dan mencegah serangan jantung.

Ciri-ciri Penyakit Jantung: Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan rasa tidak nyaman di dada yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Tidak hanya penyakit jantung, kelainan organ lain seperti paru, kerongkongan, lambung, tulang, serta otot juga dapat menyebabkan nyeri dada. Sehingga, kita perlu memahami nyeri dada bagaimana yang cenderung kita duga sebagai masalah di jantung. Nyeri dada pada penyakit jantung biasanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah jantung yang mengakibatkan kurangnya asupan darah ke otot jantung.

Nyeri dada yang khas akibat masalah jantung biasanya disebut dengan nyeri dada tipikal angina, dengan karakteristik :

  • Dada terasa berat atau tertekan di daerah belakang tulang dada.
  • Menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, bahu, atau ulu hati.
  • Dicetuskan oleh aktivitas ataupun stress emosional.
  • Berlangsung dalam beberapa menit kemudian hilang dengan beristirahat atau pemberian obat nitrat. Jika nyeri dada mulai timbul bahkan saat beraktivitas seperti biasa, dapat kita curigai ada perburukan kondisi dan harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan tatalaksana.
  • Nyeri dada yang berlangsung lama hingga > 20 menit dan tidak hilang dengan istirahat dapat dicurigai sebagai serangan jantung akut dan harus sesegera mungkin mendapat penanganan yang tepat.
  • Dapat disertai keringat dingin, mual/muntah, nyeri perut, sesak nafas, dan pingsan.

Nyeri dada akibat penyakit jantung juga dapat memberikan gejala yang tidak khas, atau disebut dengan nyeri dada angina atipikal, dengan ciri-ciri :

  • Nyeri di daerah penjalaran (lengan kiri, leher, rahang, bahu).
  • Nyeri daerah ulu hati.
  • Sesak nafas yang tidak dapat diterangkan, atau rasa lemah mendadak yang sulit dijelaskan.
  • Biasanya keluhan atipikal ini sering dijumpai pada usia tua (> 75 tahun), wanita, dan penderita diabetes mellitus.

Ciri-ciri Penyakit Jantung: Sesak Nafas

Sesak nafas akibat penyakit jantung terjadi akibat dari penumpukan cairan di paru-paru. Penumpukan cairan ini diawali dari ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh, sehingga menyisakan darah di jantung dan mengganggu aliran darah dari paru-paru yang akan masuk ke jantung sehingga dapat terjadi kebocoran cairan ke paru-paru dan menyebabkan sesak nafas.

Sesak nafas akibat penyakit jantung biasanya memiliki karakteristik :

  • Dicetuskan oleh aktivitas fisik, atau bisa juga dalam kondisi lebih berat dirasakan saat istirahat.
  • Berhubungan dengan posisi. Seseorang yang mengalami sesak nafas akibat penyakit jantung akan merasa lebih nyaman dalam posis setengah duduk yang sering ditandai dengan kebiasaan tidur menggunakan 2 – 3 bantal.
  • Menyebabkan terbangun malam hari akibat sesak nafas.
  • Batuk terus menerus yang tidak hilang dan tidak disertai demam ataupun kelainan lain dapat dicurigai akibat penumpukan cairan di paru-paru seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Ciri-ciri Penyakit Jantung: Mudah Lelah

Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, dimana darah tersebut membawa banyak komponen yang diperlukan setiap sel di tubuh kita. Proses ini dapat terganggu jika ada gangguan di jantung yang menyebabkan pompa jantung terganggu. Banyak hal yang dapat menyebabkan rasa lelah, yang jelas hal itu menunjukkan bahwa seseorang butuh lebih banyak istirahat.

Rasa mudah lelah dapat disebabkan oleh penyakit jantung, terutama jika seseorang merasa jauh lebih lelah daripada biasanya saat melakukan pekerjaan atau aktivitas yang biasa dia lakukan sehari-hari. Bahkan pada kondisi yang lebih berat, seseorang dapat mulai merasa lelah bahkan hanya dengan melakukan aktivitas rumah sehari-hari saja.

Ciri-ciri Penyakit Jantung: Jantung Berdebar (Palpitasi)

Istilah palpitasi memiliki makna detak jantung yang tidak teratur atau terlalu cepat. Gejala palpitasi ini biasanya disebabkan oleh gangguan irama/listrik jantung. Jantung berdetak cepat atau tidak teratur sesekali merupakan kondisi yang normal, terutama jika seseorang merasa terlalu semangat, cemas, kurang tidur, atau bisa juga karena konsumsi kafein.

Akan tetapi, terkadang jantung berdebar juga menunjukkan adanya masalah jantung. Sehingga penting untuk memperhatikan bagaimana keluhan palpitasi tersebut muncul, seberapa sering, dan pada saat melakukan aktivitas apa. Sebaiknya keluhan jantung berdebar di periksakan ke dokter jika :

  • Dirasakan lebih dari beberapa detik.
  • Sering terjadi atau semakin sering dirasakan.

Ciri-ciri Penyakit Jantung: Bengkak pada Kaki dan Tungkai atau Jari Kaki dan Tangan Kebiruan

Seperti halnya sesak nafas akibat penumpukan cairan di paru-paru, maka bengkak pada kaki dan tungkai terjadi akibat penumpukan cairan di bagian tersebut. Darah dari seluruh tubuh akan kembali ke jantung, dan apabila darah tidak dapat kembali ke jantung, terjadilah penumpukan di bagian kaki dan tungkai. Ciri khas pembengkakan kaki dan tungkai akibat penyakit jantung yaitu meninggalkan tanda lekukan jika ditekan dengan jari. Penyakit lain yang dapat menyebabkan bengkak pada kaki yaitu penyakit ginjal, gangguan fungsi hati, aliran darah yang tidak efisien di kaki, atau efek samping dari beberapa obat.

Penyakit jantung tidak hanya dijumpai pada dewasa, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak. Yang paling sering dijumpai pada anak-anak adalah penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan merupakan kondisi dimana struktur jantung tidak sebagaimana mestinya. Menyebabkan darah bersih dan darah kotor bercampur, sehingga anak menjadi sesak, mudah lelah, hingga tampak kebiruan pada ujung jari-jari tangan dan kaki. Biasanya pada kondisi ini, bisa disertai dengan keluhan :

  • Tumbuh kembang anak tidak sesuai usia.
  • Anak mudah lelah. Bahkan saat bermain, sering kita jumpai anak mengambil posisi jongkok untuk beristirahat sebentar.
  • Pada bayi, dapat dijumpai minum ASI yang terputus-putus.
  • Sering mengalami batuk atau infeksi saluran nafas.

Setelah memahami tanda-tanda penyakit jantung, diharapakan masyarakat dapat lebih waspada terhadap kondisi jantungnya masing-masing, sehingga apabila dijumpai kelainan dapat diberikan tatalaksana lebih dini dan dilakukan pencegahan sekunder.

Standar Emas Serangan Jantung

Rumah Sakit Awal Bros memiliki tim yang terdiri dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta perawat khusus intervensi kardiologi yang berpengalaman. Tim medis Rumah Sakit Awal Bros siap melakukan tindakan yang telah menjadi “standar emas” pada serangan jantung mendadak. Rumah Sakit Awal Bros menerapkan standar mutu pelayanan Internasional yang sama pada semua cabang rumah sakitnya. Sebagai Rumah Sakit terpercaya dan terbesar di Indonesia, Rumah Sakit Awal Bros berupaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran dan kepedulian akan kesehatan. Rumah Sakit Awal Bros berupaya memberikan sistem pelayanan yang baik dan mutu berkualitas sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan berstandar internasional.

Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan jantung untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung atau untuk pengobatan jantung koroner serta terapi strokePusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros didukung oleh dokter jantung serta dokter bedah jantung handal untuk melakukan operasi jantung, serta angiografi (kateter jantung). Untuk pencegahan, kami memfasilitasi pemeriksaan fisik jantung melalui tes treadmill jantung, EKG (elektrofisiologi)pemeriksaan jantung elektrofisiologi. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis jantung. Temukan jadwal dokter jantung kami di sini.

Narasumber:
dr. Marisa Khairani Hazrina, M.Ked(Cardio), SpJP
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara

Ilustrasi gambar oleh freepik

Artikel terkait:

Bagikan ke :