Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrim

Saat ini kita tengah memasuki musim pancaroba yang terbilang ekstrim dimana sewaktu-waktu saat cuaca terang benderang dengan suhu yang cukup tinggi dapat berubah seketika menjadi hujan deras dan suhu turun dengan drastis. Hal ini diperberat dengan hujan berkepanjangan yang menyebabkan banjir di beberapa titik. Perubahan cuaca yang ekstrim ini tidak hanya berdampak pada kegiatan sehari-hari, namun juga berdampak pada kesehatan tubuh kita. Dalam kondisi cuaca yang demikian, virus dan bakteri di sekitar kita dapat berkembang dan menyebar lebih cepat. Penyebaran penyakit lebih mudah terjadi walaupun daya tahan tubuh dalam keadaan prima. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh kita.

Penyakit Yang Sering Muncul Disaat Perubahan Cuaca Ekstrim

  1. Demam berdarah
    Demam berdarah sering terjadi karena kurangnya tingkat kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar. Mengabaikan genangan-genangan air di sekitar rumah atau tidak menutup rapat tempat penampungan air di sekitar rumah. Sehingga menjadi tempat tumbuh jentik-jentik Aides Aegypti. Gejala demam berdarah pada umumnya berupa demam tinggi yang turun pada hari ketiga namun akan naik kembali, mual, muntah, nyeri kepala, badan pegel linu, serta dapat disertai munculnya bintik-bintik merah dikulit, gusi berdarah atau mimisan.
  2. Diare
    Pada musim pancaroba, kasus penyakit ini menjadi tinggi karena banyaknya debu dan kotoran yang bertebaran. Penyakit ini erat kaitannya dengan pola konsumsi makan dan kebersihan bahan makanan. Karena penyakit ini umumnya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman. Gejala dapat berupa buang air besar cair yang berulang kali, perut terasa melilit, dapat disertai muntah-muntah yang menyebabkan tubuh penderita lemas karena dehidrasi.
  3. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)
    Penyakit ini paling rentan menyerang di musim pancaroba. Gejala paling umum dan paling banyak dialami berupa demam, batuk dan pilek. Hal ini menandai daya tahan tubuh menurun karena perubahan cuaca yang tidak stabil sehingga virus dan kuman yang banyak di udara mudah untuk menyerang daya tahan tubuh.

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Di Cuaca Ekstrim

  1. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Makanan yang kaya akan kandungan antioksidan yaitu sayuran dan buah-buahan penting untuk dapat mendukung sistem kekebalan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menekan kerusakan dalam sel serta mendukung sistem imunitas tubuh Anda. Sayuran dapat membantu meningkatkan produksi senyawa untuk mengatur kekebalan tubuh Anda.
  2. Konsumsi protein. Penting bagi tubuh Anda untuk mengkonsumsi protein, karena dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup bagi tubuh dapat membantu memperbaiki serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat mengontrol dan mengatur sel T, yaitu sejenis sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebaan tubuh terhadap penyakit atau infeksi serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam hasil studi penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat secara rutin diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50%. Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari.
  4. Mengendalikan stres. Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda, bahkan jika Anda sudah termasuk dalam kategori stres akut atau kronis maka hal ini akan berdampak buruk bagi kekebalan tubuh Anda, karena stress akut yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Oleh karena itu kendalikan stres Anda agar daya tahan tubuh tetap tejaga baik dan tetap sehat.
  5. Menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan diri penting bagi kekebalan tubuh. Dengan menjaga kebersihan diri misal dengan hanya mencuci tangan, menurut Centers of DiseaseĀ Control and Prevention dengan mencuci tangan saja maka Anda sudah menjaga kebersihan tangan Anda dimana hal ini merupakan salah satu cara yang baik untuk dapat menangkal berbagai penyakit. Selain itu penting menjaga pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan seperti makan dan minuman yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Istirahat cukup. Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh kita dari berbagai penyakit, karena dengan istirahat yang cukup dapat membantu mengoptimalkan fungsi imunitas pada tubuh Anda sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stress, hati, pikiran dan masalah
    sejenak.
  7. Mengkonsumsi suplemen. Mengkonsumsi suplemen atau multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, karena dengan mengkonsumsi suplemen dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seharian serta dapat memelihara fungsi dalam tubuh dan daya tahan tubuh supaya tetap.
  8. Banyak minum air putih. Hal ini sangat sering dilupakan dan disepelekan banyak orang. Air putih bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi. Jadi jangan lupa siapkan air mineral saat beraktivitas saat perubahan cuaca yang ekstrim.

Semoga tips-tips berikut bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran diri untuk tetap menjaga kesehatan terutama saat perubahan musim pancaroba yang ekstrim.

Narasumber :
dr. Rizky Fattima
Dokter Umum RS Awal Bros Pekanbaru

Ilustrasi Gambar: Matthew Henry

Bagikan ke :