Etika Batuk Dan Bersin

Etika batuk adalah tata cara batuk yang baik dan benar dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju, sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Etika batuk diperuntukkan bagi Anda yang sedang mengalami batuk atau bersin. Seperti yang kita ketahui bahwa saat batuk atau bersin maka kita dapat menyebarkan kuman dalam jumlah ribuan hingga jutaan ke udara dan disaat yang sama orang yang berada disekitar kita menghirup udara yang sudah mengandung kuman akibat dari batuk maupun bersin. Oleh sebab itu untuk menghindari hal ini, etika batuk dan bersin merupakan hal yang harus diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Penyebab terjadinya batuk

Batuk adalah reaksi yang terjadi apabila sel-sel pada saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Apabila terdapat iritan pada paru-paru, reaksi alami tubuh adalah batuk untuk mengeluarkan iritan. Apa saja penyebab batuk?

  1. Infeksi
    Produksi dahak yang sangat banyak karena infeksi saluran pernapasan. Misalnya : flu, bronchitis dan penyakit yang cukup serius meskipun jarang, misalnya : pneumoni, TBC, kanker paru.
  2. Alergi
  • Masuknya benda asing secara tidak sengaja ke dalam saluran pernapasan. Misalnya : debu, asap, makanan, cairan.
  • Mengalirnya cairan hidung kearah tenggorokan dan masuk ke saluran pernapasan. Misalnya : rhinitis alergi, batuk pilek.
  • Penyempitan pada saluran pernapasan. Misalnya : asma.

Kebiasaan batuk yang salah

Sering kali pada saat batuk kita mengabaikan etika batuk, sehingga menyebabkan virus yang dikeluarkan saat batuk dapat menyebar dan terhirup oleh orang lain. Berikut beberapa kebiasaan batuk yang salah dan sering kita lakukan.

  • Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum
  • Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin
  • Membuang ludah atau batuk disembarangan tempat.
  • Membuang atau meletakkan tissue yang sudah dipakai disembarangan tempat.
  • Tidak menggunakan masker saat flu atau bersin.

Etika batuk dan bersin

Seperti hal lainnya, batuk dan bersin juga memiliki etika. Banyak orang yang salah langkah saat mengalami batuk dan bersin, kebanyakan malah menutup mulut dan hidungnya dengan telapak tangan, meskipun tujuan nya baik namun hal ini belum tentu benar, karena kuman dapat berpindah ke tangan dan menyebar tanpa kita sadari melalui sentuhan atau bersalaman. Lalu, bagaimana etika batuk dan bersin yang benar? Berikut caranya :

  • Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lengan baju anda bila batuk atau bersin
  • Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah
  • Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alcohol
  • Saat anda flu atau batuk gunakan masker agar orang lain tidak tertular. Tidak meletakkan masker bekas dipakai pada leher Karena bisa menyebar kembali virus dan bakteri ketika digunakan kembali.

 

Narasumber :

Komite PPI (Pengendalian dan Pencegahan Infeksi ) RS Awal Bros Pekanbaru

 Ilustrasi gambar: freepik.com

Bagikan ke :