Menjaga Kesehatan Saat Haji

Kita perlu menjaga kesehatan saat ibadah haji karena hal tersebut sangat penting. Simak tips sehat saat haji berikut. Jika sehat, kita bisa menjalani rangkaian ibadah dengan lancar dan kondisi tubuh prima saat beradaptasi dengan cuaca panas Arab Saudi. Dokter Hendra Saputra, dokter umum Rumah Sakit Awal Bros Batam, mengatakan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji harus dipastikan calon jemaah mengetahui riwayat penyakitnya. Terlebih jemaah yang sudah berusia di atas 50 tahun. “Biasanya orang tua mempunyai riwayat penyakit hipertensi, diabetes, pengapuran di lutut,” kata dokter Hendra.

Karena itu dr. Hendra menyarankan calon jemaah sebaiknya mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap fit. “Harusnya siapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Sebelum berangkat, calon jemaah biasanya medical check-up dulu,” kata dr. Hendra. Kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Di sana suhu bisa mencapai 39 derajat celsius, sedangkan di Indonesia hanya berkisar 27 derajat celsius. Oleh sebab itu para jemaah sangat beresiko mengalami dehidrasi akibat cuaca panas. “Harus banyak minum. Kebutuhan minum kita empat liter per hari. Kalau sudah di sana harus lebih sering minum. Sebaiknya pergi kemana pun harus bawa botol minum.”

Jika terjadi keluhan saat menjalankan rangkaian ibadah, dr. Hendra meminta para jemaah untuk segera melapor ke petugas medis. Jemaah berusia lanjut memerlukan pendampingan dari keluarga. “Obat–obatan juga harus komplit,” katanya mengingatkan.

Jemaah yang masih muda, sekitar 30 tahun, juga sama perlu membawa obat–obatan. Jika mempunyai riwayat penyakit asma, obat pereda asma mesti dibawa serta. Penderita alergi juga demikian. Karena reaksinya sangat cepat bila terkena pencetus alergi. Sehingga persiapan obat sangat penting. “Perubahan cuaca juga rentan penyakit demam, flu, batuk. Jadi harus dibawa obatnya,” jelasnya.

Selama ibadah haji kondisi fisik harus kuat. Karena itu, olahraga rutin sangat baik dilakukan sebelum berangkat. Bagi mereka yang lanjut usia bisa memilih olahraga jalan pagi 3 hingga 5 kali seminggu, selama 30 menit.

Untuk pola makan, makanan harus sehat dan seimbang. Makan tiga kali sehari dan snack dua kali sehari. Sebelum dan setelah makan, atau memegang benda. Dr. Hendra mengingatkan untuk selalu mencuci tangan, karena terdapat banyak kuman bersarang di telapak tangan kita.

Dua bulan sebelum berangkat, calon jemaah mendapatkan suntikan vaksin meningitis dua bulan. “Untuk mencegah terkena bakteri atau virus. Bila terkena, bisa menyebabkan peradangan selaput otak,” kata dr. Hendra.

Tips Sehat Saat Haji

  • Rutin jalan kaki
  • Konsumsi buah
  • Istirahat cukup
  • Tidak merokok
  • Minum air putih 8 gelas sehari
  • Makan bergizi seimbang
  • Lakukan peregangan sederhana pada otak dan sendi
  • Periksa kesehatan secara teratur
  • Minum obat sesuai jenis penyakit yang diderita

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di +62 813 6431 7777 atau 0778-431777 ext 1991/1992. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi gambar oleh طفاف ابوماجدالسويدي 

Bagikan ke :