Menjaga Kesehatan Ginjal

Tidak memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, batu ginjal, infeksi ginjal, tabrakan atau riwayat keluarga yang mengidap gagal  ginjal, bukan berarti kita abai terhadap kesehatan ginjal. Sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh Anda.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Awal Bros Panam dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD kepada Riau Pos, Rabu (2/5) makan sehat, olahraga teratur dan mengontrol berat badan  adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, pada intinya ginjal yang sehat seperti tubuh yang sehat.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Berkat kinerjanya, tubuh mampu membuang limbah yang tak berguna lagi bagi kita. Perannya juga besar dalam mengendalikan tekanan darah, menyerap nutrisi, maupun menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Inilah alasan mengapa penting bagi kita untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat.

Gangguan pada pembuang limbah ini sangat sulit disadari dan dideteksi. Meski sudah kehilangan sebagian besar keefektifannya, kerusakan pada salah satu ginjal tetap berpotensi tidak menunjukkan gejala.

Minimnya gejala pada gangguan ginjal menyebabkan banyak orang lengah karena merasa baik-baik saja. Padahal mereka ternyata mengalami gangguan serius pada ginjal dan membutuhkan pengobatan tertentu. Alangkah baiknya jika kita bisa menghindari gangguan ginjal ini sejak awal. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

‘’Kita mungkin tidak merasakan apa-apa sampai penyakit ginjal sudah berkembang menjadi lebih parah. Tes darah dan urin adalah satu satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyakit ginjal. Tes darah memeriksa tingkat glomerular filtration (GFR) Anda, yang menunjukkan seberapa baik ginjal Anda menyaring. Tes urin memeriksa protein dalam urin Anda,’’ ujar dr Bhukkar.

Beberapa gejala dan penyakit yang muncul pada ginjal akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan, dan dapat menyebabkan munculnya penyakit lainnya. Karena itu, organ satu ini wajib dijaga kesehatannya agar tetap berfungsi secara normal.

Semakin cepat tahu bahwa Anda memiliki penyakit ginjal, semakin cepat Anda bisa mendapatkan pengobatan untuk membantu keterlambatan atau mencegah gagal ginjal. Perawatan mungkin termasuk menggunakan obat yang disebut inhibitor ACE atau ARB untuk mengelola tekanan darah tinggi dan menjaga ginjal Anda agar tetap sehat lebih lama. Mengobati penyakit ginjal juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal haruslah dimulai dari diri sendiri dan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pola hidup sehat, makanan dan lain sebagainya. Kesehatan ginjal dapat dijaga tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Beberapa caranya antara lain:

  1. Berolahraga secara rutin

Olahraga secara rutin sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. selain dapat membakar kalori , olahraga juga dapat melancarkan aliran darah dan suplai oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh. Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka beban ginjal tidak akan menjadi berat, dan dapat terhindar dari resiko penyakit pada organ ginjal.

  1. Mengontrol berat badan

Berat badan harus dikontrol agar beban ginjal tidak berlebihan. Berat badan yang tidak dikontrol biasanya merupakan akibat dari tingginya kandungan lemak pada tubuh. Lemak pada tubuh dapat menghambat kinerja ginjal. Selain itu biasanya berat badan berlebih juga memiliki hubungan erat dengan kondisi kesehatan yang memicu terjadinya gangguan pada ginjal, seperti  darah tinggi, kolesterol, diabetes.

  1. Rutin melakukan medical check up

Medical check up wajib hukumnya bagi anda agar dapat terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah gangguan pada organ ginjal. Dengan melakukan medical check up, maka anda dapat mendeteksi secara dini apa yang terjadi pada organ-organ tubuh Anda, apakah berfungsi normal atau tidak. Check up yang dilakukan untuk ginjal bisa menggunakan test darah atau USG, jadi sangat mudah.

  1. Selalu mengawasi kandungan kolestrol dan tekanan darah

Kandungan kolestrol dan tekanan darah merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit-penyakit kronis lain, salah satunya adalah ginjal. Selalu perhatikan kondisi tekanan darah dan kolestrol, terutama bila Anda memiliki bakat darah tinggi dan kolestrol. Jangan pernah meremehkan kondisi darah tinggi dan kolestrol tinggi, karena akan berbahaya bagi Anda.

  1. Hentikan merokok dan mengonsumsi alkohol

Salah satu bahan konsumsi yang amat sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Konsumsi rokok dan alkohol yang berlebihan akan sangat-sangat mengganggu kerja ginjal, sehingga ginjal tidak akan berfungsi secara optimal, yang akan menyebabkan terjadinya gangguan ginjal. Selain ginjal, alkohol dan rokok juga dapat menyebabkan kanker, sesak nafas, infeksi pada organ tubuh, gangguan kehamilan.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan salah satu cairan yang dapat membantu menaikkan metabolism tubuh dan memantu melancarkan pencernaan. Dengan memperbanyak minum air putih, maka beban kerja ginjal pun akan terbantu, sehingga mengurangi terjadinya gangguan pada ginjal. Bahaya akibat kurang minum air putih salah satunya adalah kemungkinan terkena penyakit batu ginjal.

  1. Hindari penggunaan obat-obatan

Ketika merasakan sakit, seperti pusing yang sering terjadi, janganlah langsung meminum obat-obatan. Masuknya obat-obatan ke dalam tubuh akan sangat mengganggu kerja ginjal. Usahakan untuk mengonsumsi tanaman herbal, seperti  jahe, kunyit, lidah buaya dan tanaman obat lainnya.

 

(Diterbitkan oleh : Riau Pos)

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Panam di 0761 586 888.  Semoga bermanfaat.

 

Bagikan ke :