INCIDENT REPORT

 

INCIDENT REPORTING SYSTEM & SAFETY CULTURE
(INSIDEN KESELAMATAN PASIEN/IKP)
 
1. Apa yang di maksud dengan Keselamatan Pasien?

Keselamatan Pasien yaitu upaya penghindaran & pencegahan cedera pasien & pencegahan kejadian yg tidak diharapkan yg merupakan hasil suatu proses dalam pelayanan kesehatan.

 
2. Apa yang di maksud dengan Insiden Keselamatan Pasien?

setiap kejadian/ situasi yg dapat mengakibatkan/berpotensi mengakibatkan harm (penyakit, cedera, cacat, kematian, dll.) yg tidak seharusnya terjadi.

 
3. Apa saja yang termasuk dalam Insiden Keselamatan Pasien?

a. Kejadian Nyaris Cidera (KNC)

b. Kejadian Tidak Cidera (KTC)

c. Kejadian Tidak Diharapkan (KTD)

d. Kejadian Potensial Cidera (KPC)

 
4. Apa yang di maksud dengan KNC?

Kejadian Nyaris Cidera atau Near Miss (NM) yaitu terjadinya insiden belum sampai terpapar / terkena pasien. Contohnya: unit transfusi darah sudah terpasang pd pasien yg salah, tetapi segera diketahui sebelum transfusi dimulai.

 
5. Apa yang di maksud dengan KTC?

Kejadian Tidak Cidera yaitu insiden sudah terpapar ke pasien tetapi tidak timbul cedera. Contohnya: darah transfusi yang salah sudah dialirkan tetapi tidak timbul gejala inkompatibilitas, obat parasetamol yang salah dosis tetapi tidak menimbulkan reaksi efek samping obat.

 
6. Apa yang di maksud dengan KTD?

Kejadian Tidak Diharapkan yaitu insiden sudah terpapar ke pasien mengakibatkan cidera pasien atau sentinel. Contohnya: transfusi yg salah mengakibatkan pasien meninggal karena reaksi hemolysis.

 
7. Apa yang di maksud dengan KPC?

Kejadian Potensial Cidera yaitu suatu situasi / kondisi yg sangat berpotensi timbulkan cedera, tetapi belum terjadi insiden. Kejadian ini perlu dilaporkan. Contohnya: IGD yg sangat sibuk, tp jumlah personil selalu kurang/understaffed; Penempatan defibrillator di IGD saat uji fungsi ternyata alat error, meski belum diperlukan.

8. Apa yang di maksud Kejadian Sentinel?

a. Kematian tidak terduga, termasuk, tapi tidak terbatas pada: kematian tidak terkait sebab alamiah penyakit/penyakit dasar pasien. Contohnya: meninggal karena infeksi pasca operasi, emboli paru didapat di Rumah Sakit, bayi cukup bulan meninggal, serta kejadian bunuh diri.

b. Kehilangan fungsi tubuh luas dan permanen tidak terkait perjalanan alamiah penyakit/penyakit dasarnya.

c. Salah lokasi, prosedur, pasien ketika operasi .

d. Penularan penyakit kronik/fatal akibat transfusi darah/produk darah/transplantasi organ/jaringan terkontaminasi.

e. Penculikan bayi/bayi dipulangkan pada orang tua yang salah.

f. Pemerkosaan, kekerasan di tempat kerja, penyerangan (sebabkan kematian/kehilangan fungsi tubuh permanen)/pembunuhan yang disengaja.

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.