Perlukah Ibu Hamil Berpuasa?

Khusus bagi ibu hamil di trimester pertama yang merasa mual, pusing, dan muntah tidak dianjurkan untuk puasa, sebagian orang biasa membuat pernyataan ini, namun apakah ahli gizi melarang ibu hamil berpuasa?

Dokter spesialis gizi klinis Rumah Sakit Awal Bros Batam dr. Brian Gantoro, SpGK menjelaskan bahwa sepanjang ibu hamil memperhatikan gizi dan tubuhnya untuk tetap sehat, silahkan saja berpuasa ketika hamil. Sebenarnya menurut agama, ibu hamil punya dispensasi untuk tidak menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. “Namun tak sedikit ibu hamil yang berniat berpuasa karena merasa sanggup dan sayang melewati bulan yang penuh berkah ini,” jelas dokter Brian.

Dokter spesialis gizi klinik tersebut menjelaskan bahwa boleh puasa, tapi ada syaratnya. Sebenarnya yang dikhawatirkan dari ibu hamil yang berpuasa adalah kurang makanan sehingga janin kekurangan gizi. Jadi asal kondisi kehamilan Anda sehat dan Anda juga memperhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka puasa, maka boleh–boleh saja berpuasa.

Tanda ibu hamil untuk tidak berpuasa

Jika ibu hamil menderita penyakit tekanan darah tinggi, diabetes melitus (DM) atau muntah–muntah berlebihan saat hamil, jelas lebih baik ibu menunda keinginan untuk berpuasa. Tekanan darah tinggi menyebabkan suplai darah ke jaringan terganggu khususnya jaringan plasenta. Akibatnya proses masuknya oksigen ke jaringan jadi terhambat dan memicu keluhan, seperti pusing, badan tidak sehat, dan nafsu makan menurun.

“Bila suplai darah ke plasenta terganggu, suplai oksigen dan makanan ke janin pun ikut–ikutan terganggu. Pada akhirnya akan mengganggu pertumbuhan janin,” terang dokter Brian kemudian. Dokter spesialis gizi klinik tersebut menambahkan hal yang perlu diperhatikan berat badan, karena merupakan indikator tumbuh kembang janin. Sebagai patokan, kenaikan berat badan Anda yang normal hingga 20 minggu pertama kehamilan adalah sekitar 3,5 – 4 kilo gram. Pada 20 minggu berikutnya kira–kira ½ kilo gram per minggu. Pada akhir kehamilan, kenaikan berat badan sekitar 12,5 – 14 kilo gram. Dari patokan tersebut, aturan mainnya adalah jangan berpuasa jika berat badan Anda turun drastis, dikhawatirkan ini bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di +62 813 6431 7777 atau 0778-431777 ext 1991/1992. Semoga bermanfaat.

 

Diterbitkan oleh: HALUAN KEPRI | IBU & ANAK| 23 MEI 2018 | HAL. 12
Ilustrasi gambar oleh Suhyeon Choi 

Bagikan ke :