Latihan Fisik Pasien Gagal Ginjal

Tahukah Anda jika Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan cairan baik cairan yang berasal dari minuman, makanan, dan cairan yang di produksi oleh tubuh? Cairan dari makanan serta minuman akan bermuara ke ginjal dan dibuang melalui urin. Ketika ginjal gagal menjalankan fungsinya, kondisi tersebut disebut gagal ginjal. Untuk mereka, perlu dilakukan latihan fisik pasien gagal ginjal agar tubuh tetap bugar dan menghindari depresi.

Mencegah Gagal Ginjal

Menurut dokter umum RS Awal Bros Batam yaitu dr. Titis Elvira Nizar ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah faktor risiko yang menyebabkan gagal ginjal.

  1. Kurangi konsumsi garam karena menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.
  2. Kurangi konsumsi makanan yang berpengawet karena kadar fosfornya tinggi sehingga bisa menyebabkan kerusakan ginjal.
  3. Jalani pola hidup sehat, aktivitas yang rutin diselingi olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi.
  4. Kurangi stres karena menyebabkan pembuluh darah lebih kaku dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi.
  5. Kurangi minuman kopi, alkohol dan rokok yang menyebabkan pembuluh darah kaku.

Latihan Fisik Pasien Gagal Ginjal: Perlukah?

Namun bagi yang sudah mengalami gagal ginjal ada acara untuk menjaga tubuhnya tetap bugar. Pasien gagal ginjal juga perlu melakukan latihan fisik. Dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Fisher Iwan, SpKFR mengatakan latihan fisik tersebut tak harus dilakukan di tempat khusus. Melainkan bisa juga dilakukan di dalam rumah.

“Latihan fisik pasien gagal ginjal tak mesti keluar rumah, jogging atau berenang. Di dalam rumah pun bisa lakukan latihan,” kata dr. Fisher. Latihan fisik pasien gagal ginjal ini berfungsi mengurangi kelemahan otot, kelelahan, meningkatkan fungsi otot, saraf, tulang, dan meningkatkan aliran darah. Jarang melakukan latihan fisik dapat meningkatkan diabetes, hipertensi, dan depresi.

Latihan Fisik Pasien Gagal Ginjal: Tips dan Trik

Saat latihan disarankan memakai sepatu yang sesuai ukuran, bebannya harus yang sesuai alat bantu disiapkan berupa kacamata dan tongkat. Teknik latihannya harus ada aerobic, resisten, dan fleksibilitas. Latihan ini bisa dilakukan 3-5 kali seminggu.

“Lima menit saja cukup. Misalnya jalan di tempat, jalan keluar rumah satu putaran saja, nanti setiap minggu ditambah  porsinya. Latihan fisik pasien gagal ginjal ini dilakukan seumur hidup bukan hanya 1-2 hari saja,” ucapnya. Sebelum latihan, dilakukan pemanasan terlebih dahulu, sebaiknya seluruh anggota tubuh bergerak. Melakukan latihan aerobic bisa jalan kaki, berenang dan bersepeda. Bisa dilakukan di rumah juga yang penting denyut nadinya 50 – 70 persen dari 220 dikurang umur.

Untuk latihan resisten dengan beban bisa dilakukan semampunya. Tiap gerakan yang dilakukan diulang 8 – 10 kali, dilakukan 1-3 set. Resisten dengan beban isa memakai botol air mineral yang ringan bisa 500 cc. Setelah itu jangan lupa lakukan pendinginan.

Bagikan ke :