Imunisasi Anak

imunisasi anak, rumah sakit awal bros

Melindungi anak Anda adalah prioritas bagi kami. Rumah Sakit Awal Bros memahami bahwa kesehatan Anda dan keluarga adalah hal yang terpenting, apalagi kesehatan buah hati. Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati Anda dari penyakit. Sebab, bayi dan balita sangat rentan terhadap penyakit. Dengan melakukan imunisasi anak, Anda dapat melindungi keluarga Anda dan lingkungan Anda untuk tetap sehat.

Imunisasi perlu dipahami bahkan dalam masa kehamilan, sebab terdapat imunisasi yang perlu diberikan pada hari lahir bayi. Pastikan untuk bertanya pada dokter kandungan Anda mengenai imunisasi anak yang perlu langsung dilakukan. Berkonsultasilah dengan dokter anak untuk menangani buah hati Anda bahkan langsung setelah proses melahirkan.

Beberapa orang berkeyakinan bahwa imunisasi bisa didapatkan setelah masuk sekolah. Namun, imunisasi ketika bayi dan imunisasi ketika usia sekolah biasanya merupakan imunisasi yang berbeda. Imunisasi anak pada dasarnya adalah sebuah langkah pencegahan agar buah hati Anda aman ketika masuk dalam lingkungan sosial. Oleh sebab itu, pemberian imunisasi anak baiknya dilakukan sebelum anak Anda berhubungan dengan lingkungan luar / sosial.

Jadwal Imunisasi Anak

Ketika lahir Hepatitis B-1
Polio-0
BCG
Usia 2 bulan Hepatitis B-2
Polio-1
DTP-1
Hib-1
PCV-1
Rotavirus-1
Usia 3 bulan Hepatitis B-3
Polio-2
DTP-2
Hib-2
Usia 4 bulan Hepatitis B-4
Polio-3
DTP-3
Hib-3
PCV-2
Rotavirus-2
Usia 6 bulan PCV-3
Rotavirus-3
Influenza
Usia 9 bulan Campak-1
Usia 12 bulan Varisela
PCV-4
Japanese encephalitis-1
Usia 15 bulan Hib-4
MMR-1
Usia 18 bulan Polio-4
DTP-4
Campak-2
Influenza
Usia 24 bulan Tifoid
Hepatitis A
Japanese encephalitis-2

Dampak Imunisasi Anak

Biasanya, anak-anak tidak mendapatkan dampak serius dari imunisasi yang dilakukan. Efek samping yang paling umum terjadi adalah rasa pegal sementara pada bagian yang disuntik. Selain itu dapat juga terjadi dampak ringan lain seperti ruam pada daerah suntikan, demam rendah, menggigil, atau pusing. Dampak imunisasi anak yang serius biasanya sangat jarang terjadi. Misalnya dari 1 juta anak yang melakukan imunisasi, hanya 1 atau 2 anak yang mengalami dampak serius setelah imunisasi. Hal ini biasanya terjadi karena alergi.

Konsultasikan dengan dokter anak Anda mengenai imunisasi yang anak Anda terima. Catat dan pahami setiap imunisasi anak yang didapat, terutama imunisasi dasar wajib. Amati anak Anda setelah imunisasi, dan bawa anak Anda ke dokter apabila ada efek yang janggal.

Perlu diingat bahwa imunisasi anak penting untuk menjaga anak Anda dari penyakit-penyakit serius yang dapat dicegah.

Rumah Sakit Awal Bros menyediakan Dokter Spesialis Anak untuk melayani buah hati Anda. Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu layanan unggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lihat jadwal dokter spesialis anak kami  di sini.

Tersedia di :
RS Awal Bros A Yani RS Awal Bros Batam RS Awal Bros Bekasi Barat RS Awal Bros Bekasi Timur RS Awal Bros Evasari RS Awal Bros Palangka Raya RS Awal Bros Makassar RS Awal Bros Panam RS Awal Bros Pekanbaru RS Awal Bros Tangerang RS Awal Bros Ujung Batu