Keluhan Kanker diatasi dengan Akupunktur

Pendahuluan

Akupunktur Medik dapat mengatasi keluhan yang berkaitan dengan pengobatan Kanker. Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan bagian tubuh yang lain.

Salah satu faktor yang diduga berisiko menyebabkan mutasi genetik pada sel normal adalah pola hidup yang  tidak sehat. Ada banyak jenis kanker tergantung pada lokasi pertumbuhannya, jenis sel yang bermutasi atau organ tubuh yang terkena kanker. Demikian pula keluhan atau gejala yang muncul juga bervariasi.  Untuk itu diperlukan beberapa pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis kanker agar Dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat.  Metode pengobatan kanker yang umum digunakan adalah kemoterapi, operasi, radioterapi, imunoterapi, terapi hormon dll.

Beberapa tahun terakhir jumlah penderita kanker yang diterapi akupunktur meningkat lebih tinggi untuk mengatasi keluhan-keluhan dari berbagai jenis pengobatan kanker.

Keluhan terhadap kanker

Stephen Birch, dkk pada tahun 2019 mempublikasikan artikel ilmiah yang membahas tentang bukti klinis, keamanan dan rekomendasi tindakan akupunktur. untuk mengobati keluhan-keluhan yang disebabkan oleh kanker, menyimpulkan bahwa tindakan akupunktur merupakan tindakan yang aman untuk penderita kanker. bila dilakukan oleh tenaga medis profesional, dan efektif dalam mengatasi keluhan yang berkaitan dengan kanker, tetapi bukan sebagai terapi tunggal untuk pengobatan kanker itu sendiri.

Di artikel ini disebutkan tindakan akupunktur terbukti efektif meringankan sekitar 61 keluhan terkait kanker, beberapa yang paling sering diantaranya mual muntah yang disebabkan kemoterapi dan pasca operasi, nyeri kanker dan nyeri pasca operasi, kelelahan (fatique), mulut kering (xerostomia), kecemasan (anxiety), insomnia, depresi, gangguan mood, batuk/sesak napas, spasme (kaku) otot, hilang selera makan, penurunan berat badan, nyeri menelan, hiperhidrosis,  sulit buang air besar, diare, cegukan/hiccup, gejala menopause awal (terutama pada kanker payudara), gangguan kognitif, berkeringat malam, nyeri muskuloskeletal (otot dan sendi), gangguan kesuburan terkait kanker, kesemutan/kebas pada tangan dan kaki (neuropati perifer), stress, gangguan panik dan banyak keluhan lainnya.

Keluhan pada penderita kanker

Pada umumnya penderita kanker tidak hanya merasakan satu keluhan, tetapi bisa gabungan beberapa keluhan (cluster symptoms), yang bila tidak diatasi akan berdampak pada kualitas hidup penderita.Dari beberapa penelitian ilmiah di bidang onkologi beberapa tahun terakhir, tindakan akupunktur dipandang sebagai terapi yang menarik karena dapat mengatasi cluster symptoms tersebut. Sebuah ulasan artikel lain merekomendasikan tindakan akupunktur sebagai satu-satunya pilihan untuk beberapa keluhan terutama yang disebabkan oleh penggunaan aromatase inhibitor yang digunakan dalam pengobatan kanker.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tindakan akupunktur banyak dicari oleh penderita kanker, antara lain mencari pengobatan non-medikamentosa karena sudah banyak menerima obat-obatan (polifarmasi) sebelumnya, atau pengobatan yang sedang dijalani tidak optimal sehingga tidak dapat menghilangkan keluhan yang ada, atau pasien kategori under-treated disebabkan alasan-alasan tertentu. Selain itu tindakan akupunktur dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan yang disebabkan oleh  berbagai jenis kanker, dengan efek samping minimal dan di toleransi sangat baik oleh pasien dewasa maupun anak-anak.

Bagaimana caranya mendapatkan informasi tentang terapi akupunktur?

Saat ini banyak informasi tersedia terutama berkat kemajuan teknologi internet. Jika ingin mencari informasi secara online, pastikan sumber informasinya berasal dari ahli kedokteran atau artikel-artikel ilmiah yang telah diakui validitasnya di dunia kedokteran agar tidak memberikan pemahaman yang keliru.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas ada baiknya untuk konsultasi dan bertanya langsung kepada Dokter anda, langsung datang ke rumah sakit atau klinik tempat Dokter Spesialis Akupunktur medik bekerja, atau rujukan dari Dokter Spesialis Onkologi atau Dokter bidang lain. Setelah konsultasi dan menganalisa hasil pemeriksaan sebelumnya, Dokter Spesialis Akupunktur akan menjelaskan tentang kapan waktu terbaik untuk mulai tindakan akupunktur, modalitas apa yang akan digunakan (jarum atau tanpa jarum), berapa kali tindakan akupunktur dilakukan, jarak waktu setiap tindakan dan segala hal yang berkaitan.  Sebaiknya pasien juga aktif bertanya sehingga tercipta komunikasi yang baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

Narasumber :

Dr. Dian Eka Putri, Sp.Ak ( Spesialis Akupunktur Medik RS Awal Bros A.Yani dan RS Awal Bros Panam )

Bagikan ke :