Wajah Berjerawat Ganggu Penampilan

Bila mendengar istilah jerawat pasti pikiran kita mengarah ke masalah wajah anak remaja. Padahal banyak sekali penderita masalah wajah berjerawat berusia 30-40 tahun. Karena, pemicu jerawat itu banyak faktor. Mulai dari kondisi kulit berminyak, hormonal, yang merupakan faktor utama, debu dan polusi, alergi dan iritasi akibat salah kosmetik, ataupun stress yang menjadi faktor sampingan.

dr. Gita Puspita selaku dokter kecantikan di Beauty Clinic RS Awal Bros Batam mengatakan, jerawat terjadi akibat sumbatan pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati sehingga membentuk komedo. Karena ada komedo ini kadang orang mengeluh pori wajahnya besar. Akan tetapi kebanyakan orang tidak memperhatikan sampai berlanjut menjadi jerawat. Disebut jerawat bilamana komedo tersebut meradang karena infeksi kuman. Terjadi pembengkakan berwarna merah diikuti rasa nyeri kadang rasa gatal.

Sebagian penderita akan mencari pengobatan bilamana jumlah jerawat semakin banyak. Sebagian lagi membiarkan bahkan ada yang salah penanganan sampai mengakibatkan bekas menahun bahkan permanen. Bekas permanen biasa disebut bopeng atau acne scar. Dr. Gita mengatakan, penanganan jerawat ada bermacam-macam, mulai dari topikal yaitu menggunakan obat yang dioles di permukaan jerawat atau biasa disebut krim anti jerawat, antibiotik untuk diminum, peeling kimia, sampai terapi sinar yaitu laser.

Laser merupakan pilihan terakhir bila keluhan tidak membaik atau tidak ada perubahan dalam waktu lebih dari 2 minggu. Laser bertujuan  mengobati jerawat yang masih aktif meradang dan mencegah terbentuknya komedo. Laser juga digunakan bagi penderita yang mempunyai alergi terhadap krim anti jerawat, tidak tahan terhadap efek samping obat minum, ingin penyembuhan cepat dan tidak mau sakit. Jika jerawat sudah sembuh tinggal mengobati bekasnya saja, digunakan krim whitening, peeling kimia, dermabrasi, penjaruman, dan laser juga. Akan tetapi jenis lasernya berbeda.

Ada baiknya sebelum jerawat bertambah banyak atau jangan sampai terjadi jerawat dilakukan langkah pencegahan yaitu, bersihkan wajah minimal 2 kali sehari sama waktunya seperti mandi. Memakai kosmetik aman dan teruji klinis, atau yang non komedogenik bagi kulit berminyak. Memakai pelembab dan tabir surya bilamana hendak beraktifitas di luar ruangan. Hindari stress, istirahat cukup, dan konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rawatlah wajah minimal sebulan sekali di pusat perawatan terpercaya.

Bagikan ke :

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.