konsultasi dokter spesialis, rumah sakit awal bros, dokter obgyn

TIPS MEMILIH DOKTER OBGYN

Banyak wanita yang melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obgyn pada saat program kehamilan, saat sedang hamil atau bilamana ingin mengetahui kesehatan reproduksi pada wanita. Dokter Obgyn atau Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi ini sangat membantu para wanita dalam melakukan pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi maupun kandungan, karena pemeriksaan organ reproduksi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Perlu diketahui bahwa di Indonesia angka ibu melahirkan yang meninggal akibat perdarahan mencapai 28% menurut Kementrian Kesehatan tahun 2010. Angka itu lebih buruk dibanding dengan beberapa negara lain, seperti Afrika. Oleh sebab itu menjaga kesehatan reproduksi sejak mempersiapkan kehamilan adalah hal yang penting. Ketika para wanita ingin memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya, banyak yang merasa malu atau gugup. Untuk itu kenyamanan dalam memilih dokter spesialis obgyn yang tepat sangatlah diperlukan. Banyak wanita yang kerap kali bergonta-ganti dokter demi memilih konsultasi dengan dokter spesialis obgyn yang paling nyaman.

Tips Memilih Dokter Obgyn

Beberapa langkah berikut bisa Anda cermati sebagai tips untuk mendapatkan dokter spesialis obgyn yang paling cocok untuk Anda:

  1. Cari Referensi
    Anda berhak untuk mencari tahu dokter spesialis obgyn untuk kebutuhan apa, seperti misalnya untuk pemeriksaan rutin atau terdapat hal lain yang membutuhkan kekhususan dalam penanganan. Ada dokter subspesialis kandungan bilamana kondisi kehamilan Anda beresiko tinggi atau anda memiliki TORCH dan sebagainya. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma gondii (toxo), yaitu gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu toxoplasma, rubella, cytomegalovirusdan herpes. Keempat jenis penyakit infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil.
  2. Dokter Obgyn yang Komunikatif
    Komunikasi yang baik sangat diperlukan saat Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obgyn untuk kehamilan. Pilihlah dokter obgyn yang komunikatif misalnya bersedia dihubungi setiap saat bilamana terjadi kondisi darurat. Atau Anda bisa memilih dokter yang dapat menjawab pertanyaan serta menjelaskannya dengan cara yang mudah dipahami. Kemudahan dan kenyamanan saat konsultasi sangatlah diperlukan.
  3. Keputusan Yang Diambil Dokter
    Perhatikan setiap keputusan yang diambil oleh dokter dan evaluasi dari setiap hasil pertemuan Anda dengan dokter tersebut. Adakah pro-kontra dari kebijakan yang diambil dikalangan dokter obgyn tersebut. Anda berhak untuk membahasnya dengan spesialis obgyn supaya lebih memahami arah kebijakan yang diambil dokter tersebut agar mempunyai sudut pandang yang sama.

Rumah Sakit Awal Bros peduli terhadap kesehatan ibu dan wanita, kami menyediakan dokter obgyn yang andal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak adalah salah satu layanan unggulan Rumah Sakit Awal Bros.  Hal ini terbukti  dengan tersedianya berbagai layanan kesehatan untuk wanita oleh para spesialis obgyn. Temukan jadwal konsultasi dengan dokter kandungan untuk Anda di sini.