Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Pemeriksaan Pap Smear

Kanker serviks adalah kanker yang disebabkan oleh infeksi virus Human papillomavirus (HPV), yang dapat ditularkan baik melalui hubungan seksual maupun lewat kontak kulit ke kulit. Mendeteksi kanker serviks dapat dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear. Pap Smear sebaiknya mulai dilakukan secara rutin dalam tiga tahun sekali ketika Anda telah menikah ataupun telah melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan ini memeriksa jaringan sel serviks atau leher rahim Anda. Pemeriksaan ini dilakukan ketika Anda tidak sedang mengalami menstruasi. Sebelum melakukan papsmear, pastikan Anda telah memenuhi syarat-syarat persiapan pap smear.

Semua wanita perlu melakukan Pap Smear. Terutama wanita yang usianya belum mencapai 21 tahun dan sudah aktif berhubungan seksual. Sementara pap smear untuk wanita yang belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan seks tidak diwajibkan melakukan pemeriksaan ini.

Selama proses Pemeriksaan, dokter akan meminta Anda untuk berbaring di meja periksa dengan posisi kedua kaki dilebarkan sambil menekuk lutut  dan menempatkannya pada tempat penopang kaki. Kemudian, dokter akan memasukkan spekulum untuk membuka vagina, kemudian menorehkan sikat halus atau kapas ke leher rahim untuk mengumpulkan sampel sel. Sampel ini akan dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan mikroskop. Pemeriksaan Pap Smear ini sebenarnya tidak menyakitkan, hanya saja Anda mungkin akan merasa tidak nyaman, terutama saat dokter memasukkan spekulum ke vagina untuk mengambil sampel sel.

Hasil Pap Smear bergantung pada laboratorium penguji, misalnya keakuratan pengambilan sampel, transportasi, pengolahan bahan, pembacaan sediaan, interpretasi gambar sediaan, serta penulisan kesimpulan dan anjuran. Bisa saja terjadi hasil false positive dan false negative. Perlu diketahui bahwa sebenarnya sel abnormal yang ditemukan belum tentu mengarah kepada kanker. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengulang tes 4-6 bulan kemudian, tergantung jenis sel yang ditemukan.

Persiapan Pap Smear Menurut Dokter Rumah Sakit Awal Bros

Pertama kali melakukan pemeriksaan Pap Smear, ada beberapa yang perlu dilakukan untuk persiapan pap smear, di antaranya:

  • Lakukan pemeriksaan ini saat Anda sedang tidak menstruasi.
  • Jangan membersihkan vagina dengan douche setidaknya tiga hari sebelum pemeriksaan.
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama dua hari sebelum pemeriksaan.
  • Tidak menggunakan tampon selama dua hari sebelum pemeriksaan.
  • Tidak menggunakan alat kontrasepsi.
  • Kosongkan kandung kemih.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Rumah Sakit Awal Bros juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

Narasumber :
dr. Zul Aida, Sp.OG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Awal Bros A.Yani

Sumber Gambar: Drew Hays

Artikel terkait:

 

Bagikan ke :