Tips dan Trik Cara Menyapih Anak

Menyapih buah hati dari ASI tak selamanya terasa sulit terutama jika anda tahu bagaimana tips dan trik cara menyapih anak. Meskipun pada awalnya akan sedikit sulit, namun lama-kelamaan dengan mudah anda akan dapat menyapih si kecil. Berikut adalah tiga dari sebelas Tips Sukses untuk menyapih buah hati Anda.

Cara Menyapih Anak Menurut Psikolog Rumah Sakit Awal Bros

Menurut Psikolog Anak Rumah Sakit Awal Bros Batam Maryana, M. Psi, Psi, menyapih si kecil harus dimulai secara perlahan dengan cara-cara yang baik. “Jika biasanya ibu yang selalu menyusui buah hati, mintalah pada suami untuk susu formula pada si kecil. Bila perlu ajak suami juga untuk bergantian menyuapi susu buat anak. Dengan cara ini diharapkan si kecil terbiasa dengan kebiasaan baru yang anda ciptakan dengan segera mau disapih,” jelasnya.

Menciptakan berbagai trik untuk membuat si kecil merasa nyaman saat mulai disapih adalah cara cerdas ibu untuk memulai menyapihnya, pasalnya si kecil sudah menikmati zona nyaman mereka saat menikmati ASI. Menikmati ASI adalah saat paling nyaman bagi sikecil, sebab pelukan yang diberikan ibu dapat memberinya rasa aman dan nyaman. Hal inilah yang membuat sebagaian anak menolak saat akan disapih. Maka dari itu, berikanlah pelukan dan ciuman pada anak anda saat anda menyapih si kecil agar dia tetap merasa nyaman.

Cara Menyapih Anak: Trik Botol Susu

Maryana menjelaskan, mengajak si kecil untuk memilih botol susu sendiri adalah trik menciptakan rasa nyaman bagi si anak. Anak berusaha menciptakan rasa nyaman dengan memilih sendiri botol susu yang mereka suka. “Agar buah hati segera mau berhenti minum ASI, ajaklah dia untuk memilih sendiri botol susu yang ia sukai. Setidaknya berikan padanya botol susu yang ia sukai. Setidaknya berikan padanya botol susu dengan model lucu atau botol susu dengan warna favoritnya. “Botol susu dengan karakter kartun kesukaannya pasti akan sangat disukai si kecil,” ungkapnya.

Idealnya pada saat anak memasuki usia 18 bulan-24 bulan, orang tua sudah harus memulai memperkenalkan gelas sebagai media susu atau minuman lainnya bagi anak. Dalam hal ini, ibu memang harus memilih waktu yang sesuai untuk mulai menyapih anak. “Sebelum usia sampai 12 bulan ada baiknya ibu mulai memperkenalkan susu pengganti kepada anak, hanya saja perlu mengatur pemberian susu tambahan dengan pemberian ASI,” jelas psikolog Rumah Sakit Awal Bros Batam tersebut.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Rumah Sakit Awal Bros. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan janin. Rumah Sakit Awal Bros memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak menyediakan imunisasi anakdan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan pendengaran BERA serta OAE dan medical check up dengan dokter spesialis anak. Temukan jadwal dokter anak kami di sini. Simak juga tips untuk menemukan dokter anak yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda di sini untuk melakukan konsultasi dokter anak.

 

Ilustrasi gambar oleh freepik

Artikel terkait: 

Bagikan ke :