Cuci Tangan Itu Penting. Mengapa?

Tahukah kamu? Sekitar 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan kita sendiri. Menjaga kebersihan tangan salah satu upaya terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat mencuci tangan begitu besar. “Cuci tangan pakai sabun atau handrub hanya membutuhkan waktu 15 detik. Ini sangat berguna untuk membunuh kuman,” terang Novita Simbolon, Infection Prevention & Control Nurse (IPCN) Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kotoran. Si tangan juga digunakan untuk memegang dan memasukan makanan atau minuman ke dalam mulut. Menjaga kebersihan tangan baik di kantor, sekolah, atau dimanapun merupakan hal yang sangat penting jika ingin terhindar dari sakit.

Salah satu upaya efektif menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Manfaat mencuci tangan ada banyak. Anda bisa mempraktikan cara mencuci tangan secara teratur dan mengajak orang-orang sekitar untuk juga melakukannya. Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit. Banyak manfaat mencuci tangan yang sayang jika kita abaikan.

Manfaat Mencuci Tangan Menurut Dokter RS Awal Bros

“Cuci tangan merupakan program pengendalian infeksi. Karena itu di Rumah Sakit Awal Bros Batam, setiap tamu, pasien ataupun petugas kita menggalakan untuk mencuci tangan. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain. Karena 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan,” kata Novita Simbolon, Infection Prevention & Control Nurse (IPCN) Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Namun kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan belum memadai. Sehingga banyak yang tidak menyadari angka kejadian berbagai penyakit infeksi di Indonesia cukup tinggi. Padahal, penyakit infeksi itu bisa dicegah dengan langkah sederhana dan murah seperti mencuci tangan pakai sabun atau handrub (pembersih tangan sejenis alkohol). Sebaliknya, mengabaikan mencuci tangan di saat-saat penting bisa menyebabkan diare, thypus, disentri termasuk kolera, radang paru, pandei influenza, infeksi kelahiran baru, dan infeksi di antara penderita AIDS.

“Menjaga kebersihan itu sangat penting. Dan kuman itu ada dimana-mana yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Seperti di handle pintu, keran air, uang dan benda benda lainnya,” tutup Novita.

 

Ilustrasi gambar oleh jesse orrico

Artikel terkait:

 

Bagikan ke :